Selasa, 18 Oktober 2011

Chicken Curry with Yoghurt


Seperti biasa setiap hari sabtu jika cuaca cukup bagus saya selalu pergi ke pastrad. Saya menyukai kegiatan ini krn bisa melihat banyak buah²an, sayuran , daging, tanaman, bunga dan bumbu² segar. Memang utk beberapa harga buah/sayuran atau yg lainnya terkadang sering agak mahal dari pada S'market. Tetapi jika buah tersebut sedang musim atau produksi lokal, biasanya harganya justru bisa bersaing dgn S'market. Contohnya kios unggas langganan saya, harga daging ayam di kios ini lebih murah dan kwalitasnya jauh lebih baik dari S'market krn mereka mempunyai peternakan sendiri.

So kemarin saya membeli filet ayam yg akan dimasak dgn curry (kesukaan suami). Kali ini saya memasaknya tdk memakai santan melainkan yoghurt. Saya berusaha memberikan penjelasan kpd suami bhw dia harus mencoba terlebih dahulu, jika tdk suka silahkan memasak sendiri ( he..he..he...maksa niy ye ). Saya memakai bumbu curry yg sdh jadi dari "Pataks" dan dicampur dgn curry bubuk . Suami ternyata sgt menyukai walaupun katanya ada rasa asam sedikit dari yoghurt ( piring dia benar² bersih sekalee..., lapar atau suka ya pak...).

Bahan:
500-600 gr filet ayam, potong kotak²
1 1/2 sdt bumbu curry Pataks ---> bisa lebih
1/2 sdt curry bubuk ---> bisa lebih
1 cangkir fond ato kaldu ayam/sapi ---> bisa lebih
1 cangkir yoghurt ---> bisa lebih (saya pakai Weihenstephan)
1 kaleng buah koktail, tiriskan
1/2 bawang bombay uk sedang, cincang halus
1/3 sdt paprika bubuk
1-2 sdm minyak utk menumis

Cara membuat:
1. Lumuri ayam dgn 1/2 sdt bumbu Pataks, jika perlu beri sedikit garam dan lada. Sisihkan minimal 1 jam di dlm kulkas.
2. Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan filet ayam, masak hingga pori² daging tertutup. Beri paprika bubuk, aduk sebentar. Tuang kaldu ke dalamnya, kemudian curry bubuk, masak dgn api kecil. Setelah itu masukkan yoghurt, aduk rata. Cicipi apakah rasa sdh sesuai dgn selera (jgn beri gula krn nanti akan diberi buah koktail). Masak hingga saus agak sedikit mengental. Baru kemudian tuang buah koktail. Cicipi lagi, apakah ada yg kurang. Siap utk disantap dgn nasi hangat.


Tidak ada komentar: