Selasa, 25 Oktober 2011

Spagetti Bolognese


Salah satu jenis pasta yang kami sukai adalah spagetti bolognese. Sejak saya senang memasak, bisa dikatakan terkadang suka malas jika diajak makan ke luar, kecuali kalau resto tersebut mempunyai pilihan menu yang saya suka dan tidak dapat saya contoh dirumah.

Berhubung saya bukan penggemar pizza, jadi pilihan saya jika makan di resto itali hanya pasta atau anti pasti. Sudah beberapa resto itali saya coba tetapi jarang masakan mereka sesuai dengan selera saya. Entah saus pastanya yang kurang enak atau masak spagettinya yg kelamaan alias tidak al dante. Hanya ada 1-2 resto itali yang masih saya kunjungi karena mereka mempunyai anti pasti, salad atau sup yang sangat enak.

Sebenarnya memasak pasta itu tidak sulit, ikuti saja aturan memasaknya dan disesuaikan dengan selera masing². Pilihlah spagetti yang anda sukai dan berkwalitas cukup bagus. Untuk sausnya, gunakan bahan² yang masih segar dan berkwalitas.


Bahan:
500 gr daging sapi giling (cari yg tdk banyak lemaknya)
1-2 batang wortel, potong kotak² kecil
1-2 batang seledri (optional)
1 butir bawang bombay, cincang halus
2-3 siuang bawang putih, cincang halus
1 sdt munjung oregano
3 sdt munjung rempah² kering (optional)
5 sdm pasta tomat
500 ml pure tomat yg ranum (kalau pakai yg dari kaleng cari yg berkwalitas)
3 butir tomat ranum, potong² kasar (optional)
500 ml kaldu sapi
beberapa butir cabai kering/peperoni, hancurkan, buang bijinya (dpt pula pakai cabai segar)
4 sdm minyak olive utk menumis
lada, garam dan gula secukupnya.
1-2 sdm gin (optional)

Cara membuat:
1. Panaskan wajan, tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan bawang putih, aduk² sebentar.
2. Masukkan daging giling, besarkan api sedikit. Biarkan sebentar hingga permukaan daging agak kecoklatan dan mempunyai aroma yg enak. Setelah itu balik daging, lakukan hal yg sama. Setelah itu aduk² sambil diberi lada dan garam. Aduk terus hingga daging masak, kemudian kecilkan api ke arah sedang.
3. Masukkan pasta tomat dan cabai kering, masak sebentar.
4. Setelah itu masukkan sayuran (satu persatu spt wortel, seledri serta potongan tomat segar) dan bumbu kering, aduk² dan masak sebentar.
5. Kemudian tuang pure tomat, aduk rata. Setelah itu tuang kaldu sapi, masak saus untuk beberapa saat. Cicipi saus, apakah rasanya sudah sesuai selera. Jiak perlu tambahi dgn garam, lada dan gula. Atau mungkin dapat pula memaki gin atau white wine (jika suka). Masak suas dgn api kecil sekitar 1 jam atau hingga saus meresap ke dalam daging.
6. Spagetti Bolognese dapat disantap tanpa atau dengan parutan keju parmigiano reggiano alias keju parmesan yg asli.


Tips:
- ada baiknya anda memasak saus ini dipagi hari. Setelah matang, biarkan saus dingin dalam suhu ruangan. Malam harinya saat akan dinikmati, panaskan saus kembali. Rasanya akan lain (menjadi lebih enak, jika saus didiamkan utk beberapa jam atau lebih) daripada jika anda memakannya secara langsung ketika saus selesai dimasak.
- rebus spagetti dgn mengikuti petunjuk yang tertulis dibungkusannya, dan jangan lupa beri garam ke dalam air rebusan.

2 komentar:

Tesa Sartika Hyacinta Putri Garay mengatakan...

tante, saya mengkopi beberapa resep sekaligus foto. untuk arsip sendiri kok :) untuk percobaan dirumah.. terimakasiiih... blog ini sagat membantu saya belajar masak kue-kue :)

Unknown mengatakan...

Hallo dik Tesa,
boleh, silahkan saja.....nanti yg rajin praktik memasaknya ya dan klo sdh berhasil, kirim seporsi ke sini :)