Selasa, 11 Oktober 2011

Ricciarelli


Suami tercinta kebetulan penggemar cookies yang berbahan almond, baik itu tepung almond apalagi marzipan. Sudah lebih dari 4x saya membuat almond tea cookies sebagai teman dia saat minum kopi. Karena saya sdh boring membuat cookies yg itu, lalu saya tertarik utk mencoba membuat kembali cookies yang ini, namanya Ricciarelli.

Menurut cerita, ricciarelli ini katanya berasal dari kota Siena di Itali selatan. Wkt jaman perang salib dulu, katanya ada prajurit itali yg membawa bbrp kue yg manis dari negeri arab.
Siena adalah sebuah kota tua yang menarik, bersejarah dan terkenal di kalangan para turis. Ada banyak bangunan antik dan juga toko² menarik.


Kembali ke topik cookies Ricciarelli. Walaupun cookies ini berasal dari Siena tetapi katanya rasanya di setiap cafe/toko sering berbeda, tergantung siapa yg membuatnya dan bagaimana isi resepnya. karena penasaran...akhirnya saya mau mencoba untuk membuat cookies yg satu ini.

Bahan:
150 gr kacang almond utuh yg masih ada kulitnya
100 gr gula kastor
1/2 sdt baking powder
75 gr marzipan
1 orangen organik, parut kulitnya kira² 1/2 sdt
1/2 sdt minyak almond
1 sdt perasan jeruk lemon
1 putih telur (kira² 40 ml)
Sedikit gula bubuk utk taburan


Cara membuat:
1. Seduh almond dgn air mendidih, biarkan sebentar. Ulangi sekali lagi, kemudian kulit almond akan dgn mudah dilepas. Setelah itu keringkan almond dgn cara diletakkan di ruangan, dibawah matahari atau dpt juga di oven sebentar. Setelah almond kering, giling kacnag hingga halus dgn menggunakan food processor.
2. Campur almond bubuk, baking powder dan kulit jeruk, aduk rata. Setelah itu masukkan marzipan, aduk rata.
3. Di tempat lain, kocok telur hingga agak berbusa, masukkan gula kastor, kocok rata hingga jambul petruk. Setelah itu tuang air jeruk lemon.
4. Tuang putih telur yg sdh dikocok ke adonan kacang almond, aduk rata hingga kalis. Bentuk adonan kira² agak sedikit lebih besar dari kelereng, bentuk menjadi agak oval. Susun di sebuah loyang yg sdh dialasi dgn kertas roti.
5. Setelah itu taburi dgn gula halus. Biarkan selama 2-3 jam.
6. Panggang cookies dalam oven dgn suhu 140°c selama 25-30 menit.

Komentar:
- menurut saya rasa ricciarelli ini sangat enak, ada aroma orange dan rasa manisnya cukup. Ttp sepertinya rasa jeruk lemonnya agak kurang. Next time akan saya masukkan sedikit parutan kulit jeruk lemon ke dlmnya. Trus...kalau ricciarelly yg saya kenal, bag luarnya hrs tetap berwarna putih dan lebih retak², bukan kuning kecoklatan spt cookies saya ini.
Jadi, in the next time, jumlah baking powder akan saya tambah dan suhu akan saya turunkan dari 140° menjadi 130°c.
Ah ya, biasanya Ricciarelli di tempatkan di karton kertas biasa krn jika diletakan di dlm wadah yg tertutup/kedap udara, bagian luar nantinya tdk crunchy lagi.


Tidak ada komentar: