Kamis, 21 Agustus 2008

Rainbow Trout with Balsamico sauce


Sudah 2 hari berturut-turut saya membuat masakan ini. Kebetulan waktu main ke S'market saya melihat ikan Forelle segar yg mempunyai daging berwarna orange, disini disebut Regenbogenforelle (Rainbow trout). Setahu saya ikan Trout itu dagingnya berwarna putih, agak mirip daging ikan bandeng. Sang penjual ikan berkata bhw ikan Trout ini segar dan baru saja di bersihkan (filet tp ada kulitnya). So....saya beli 1 potong dgn ukuran yg cukup besar.

 Menurut mas Wikipedia, katanya Rainbow trout masih satu keluarga dgn ikan salmon, hanya saja menurut pengamatan saya aroma dari ikan ini tdk setajam ikan salmon.


Saya makan ikan ini hanya ditemani dgn salat Lollo bionda plus paprika hasil menanam dikebun dan potongan strawberry, saus salat saya pakai yg sdh jadi dari produk Sylter (cobain deh, enak loh).


Bahan:
350-400 gr Rainbow trout filet, potong menjadi 2
1/2 jeruk lemon
lada dan garam
sedikit tepung terigu
sedikit minyak utk menggoreng

utk sauce:
2 buah tomat yg ranum
1 buah bawang bombay uk kecil, cincang halus
1 sdm butter
150-170 ml kaldu ikan ---> saya beli yg didlm gelas
100 ml fresh cream/sahne ---> cari yg light
1,5 - 2 sdm cuka Balsamico ---> kalau bisa yg mild

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan dari durinya, cuci dgn air yg mengalir. Setelah itu keringkan dgn kain lap atau kertas. Beri perasan air jeruk, lada dan garam. Sisihkan sebentar. Setelah itu keringkan dan taburi dgn tepung terigu. Siap utk digoreng.
2. Cuci tomat, buat keratan spt tanda cross dibag belakang tomat (utk memudahkan saat dikuliti). Letakkan didlm wadah, setelah itu tuang dgn air mendidih. Biarkan utk beberapa saat.
3. Kuliti tomat, buang bagian isi dan ambil bag dagingnya. Potong kotak² kecil.
4. Panaskan wajan, tuang butter. Tumis bawang hingga harum dan layu. Kecilkan api, tuang kaldu ikan, masak sebentar 3-5 menit. Setelah itu tuang fresh cream, balsamico, lada dan garam. Masak sebentar dan cicipi. terakhir masukkan potongan tomat. Voila....siap utk disajikan.





1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagi donggg .. slurrup.

Tira