Sabtu, 02 Agustus 2008

Salat Ketimun


Dahulu jenis sayuran yang satu ini amat sangat jarang saya sentuh. Entah kenapa saya tuh tidak terlalu suka dgn sayuran atau buah²an yang mempunyai biji yg sangat banyak dan berair, misalnya seperti semangka, timun suri atau melon. Tetapi sejalan dgn waktu saya mulai belajar menyukai ketimun, sayang untuk jenis buah²an yg diatas saya belum menyukainya.


Nah...waktu weekend kemarin saya menyortir kulkas utk melihat bahan² apa saja yg bisa di karyakan sebagai camilan di siang hari. Lalu terinspirasilah utk membuat salat yg satu ini. Sebenarnya saya juga tdk suka makan bawang bombay mentah, tetapi krn memang resepnya mengharuskan, mau tdk mau deh. Resep dasar diambil dari chefkoch.de tetapi sdh saya modifikasi. Rasanya cukup enak dan segar.

Bahan:

1 ketimun utk salat ---> letakkan didlm kulkas spy dingin
1 bawang bombay uk kecil ---> cincang halus

6-7 sdm yoghurt ---> cari yg enak
3 sdm vinegar (bisa Apple vinegar, white wine vinegar, etc)

1 sdt gula ---> bisa lebih jika suka

2 sdm minyak salat
1 sdm perasan air jeruk lemon
1 sdm whipped cream cair/kocok ---> optional, krn kebetulan ada di kulkas
lada dan garam secukupnya
1 sdm daun Dill cincang atau bisa juga daun peterselie


Cara membuat:

1. Cuci ketimun, setelah itu bisa dikupas kulitnya atau bisa juga tidak, terserah anda. Iris /serut tipis, sisihkan.

2. Tuang yoghurt ke dlm mangkuk, masukkan cuka, garam, gula, serta lada. Aduk rata.
3. Kemudian masukkan bawang bombay dan air jeruk lemon. Aduk rata.

4. Terakhir masukkan whipped cream dan daun dill atau peterselie. Aduk rata dan cicipi, apakah rasa sdh sesuai selera. Agak asin sedikit tdk masalah krn nanti akan mendptkan air dari buah ketimun.

5. Peras ketimun yg sdh diiris dgn tangan utk mengurangi jumlah air. Kemudian masukkan ke dlm adonan saus. Aduk rata dan siap utk disantap.



Tidak ada komentar: