Minggu, 12 April 2009

Bakwan Sayur


Di Kulkas masih ada sisa tauge, sebatang wortel dan sebundel kecil daun bawang. So, cara yg paling cepat dan tdk perlu ulek sana-sini adalah dgn mengkaryakannya menjadi bakwan sayuran. Pasti rasanya akan enak, apalagi ada temannya yaitu si cabai rawit. Yg memakan waktu saat membersihkan sayuran adalah saat menyiangi buntut tauge.


Seperti biasa, saya berusaha utk memberikan percobaan pertama kepada suami tercinta. Alhamdulilah dia menyukainya. Lalu saya menunjukkan cara memakan bakwan dgn cabai rawit. Awalnya dia tidak mau mencoba karena takut kepedasan. Tetapi saya terngkan bahwa jenis cabai rawit yang saya beli itu termasu kynag amsih muda jadi tidka terlalu pedas, akhirnya dia mau mencobanya.

Bahan:
2 raupan tangan tauge ( maaf saya lupa menimbangnya), bersihkan dari buntutnya
1 batang wortel, kupas dan iris tipis
3 batang daun bawang, iris tipis
170-200 gr tepung terigu
2 sdm tepung beras
1 sdt peres garam
sedikit lada
seujung pisau baking soda
1/3 sdt bawang putih bubuk
1 butir telur
150 ml air
Minyak utk menggoreng

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung beras dan semua bumbu. Tuang air sedikit demi sedikit, aduk tepung dgn menggunakan whisk hingga rata.
2. Lalu masukkan telur, aduk rata. Terakhir masukkan sayuran. Diamkan sebentar (15 menit).
3. Adonan bakwan siap utk digoreng. Goreng sedikit adonan sebagai tester, cicipi apakah rasa bumbu sdh pas.

2 komentar:

meinekueche mengatakan...

Makasih mba atas resepnya....akhirnya saya menemukan resep bakwan sayur yang maknyosss

Unknown mengatakan...

sama² ya mbak...
terima kasih sdh mampir dan tulis komentar.