Kamis, 16 April 2009

Nasi Uduk Betawi

Ada tantangan dari seorang teman utk membuat nasi uduk Betawi. Setelah surfing dan tanya ke mama, ternyata utk membuat nasi uduk itu tdk perlu pakai bumbu yg diulek. Tadinya saya ingin memakai bawang merah dan ketumbar ulek, tetapi saya mencoba yg praktisnya aja deh yah (versi mama). Aromanya enak loh, yg penting kita jgn takut dgn rempah².

Saya memasak nasi uduk ini tdk pakai acara dikukus, refot la yau. Saya hanya mengaroni beras hingga setengah matang, setelah itu ta' masuki ke dlm microwave. Setelah matang, aduk nasi hingga bagian bawahnya tdk menjadi basah.


Bahan:
1 gelas beras
2 gelas santan (lebihkan sedikit krn jika direbus akan sedikit berkurang)
2 iris jahe, keprek²
2 iris lengkuas, keprek²
2 batang sereh, keprek²
3-4 lembar daun salam
2-3 butir cengkeh
sedikit pala
garam secukupnya

Cara membuat.
1. Cuci beras, tiriskan.
2. Masak santan dan rempah² dgn api sedang hingga matang. Ukur santan hingga menjadi 2 gelas ( biasanya saya memasak nasi dgn perbanding 1:2 antara beras dan air).
3. Masak beras didlm santan hingga santan mengering.
4. Setelah itu nasi aron ini bisa anda kukus, dimasak dgn rice-cooker atau dimasukkan ke dlm microwave.
5. Nasi uduk siap utk anda nikmati.


Ps: Jika anda ingin membuat nasi uduknya agak banyak, ada baiknya anda gunakan rice cooker. Krn jika nasi terlalu banyak nanti agak sulit saat mengaroninya di dlm panci.
Masak santan dgn rempah² (pakai suhu sedang), hingga matang. Setelah itu dinginkan. Santan siap utk dimasak dgn beras ke dlm rice cooker.





4 komentar:

fajarembun mengatakan...

wah..sederhana sekali..kalo masaknya langsung di rice cooker bagaimana? santan nya harus di masak sampai meresap ke dalam nasi ya?

vita mengatakan...

Kalau nasi aronnya dimasak di magic jar masih harus dikasih air lagi ga ya ?

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

aduuuh....maaf berat utk fajarembun krn saya baru ngeh kalau pertanyaan anda belum dijwb. Anda bisa memasak nasi uduk dgn rice cooker, tp kalau bisa santannya anda masak terlebih dahulu bersama bumbu², cicipi apakah garam sdh cukup. Setelah itu di ukur antara beras dan santa. Siap deh utk dimasak.

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Dear Vita,
terus terang, saya tdk pernah memakai magic-jar dan setahu saya fungsi magic-jar itu bukannya utk memanaskan nasi saja ?! Mungkin anda bisa mengetes-nya dgn magic-jar anda. Maaf kalau saya tdk bisa membantu lebih lanjut.