Rabu, 29 April 2009

Schwarzwaelder Kirschtorte aka Blackforest


Sebenarnya weekend ini saya ingin sekali membuat kue tart atau cake, tetapi saya teh agak bingung siapa nanti yg akan membantu saya utk memakannya. Makanya saya sangat jarang sekali membuat kue tart yg berhias ini-itu, apalagi si Babeh pan juga tidak terlalu suka dgn jenis kue bolu.
Saat bongkar lemari saya menemukan buku yg pernah saya beli 5 thn yg lalu, ttg kumpulan resep² membuat tart, cake serta cemilan lainnya. Ada banyak foto² menarik dari resep tersebut dan akhirnya pilihan saya jatuh kepada kue Schwarzwälder Kirschtorte aka Blackforest. Untungnya saja semua bahan² kue ada dirumah. Resep saya modifikasi sedikit dgn mengurangi jumlah bahan tepung, gula serta putih telur dan menambahkan jumlah kuning telur.

Setelah kue jadi, tetangga saya sempat melihatnya dan agak takjub melihat kue kreasi saya ini. Belum tahu dia kalau banyak bloggers Indonesia yg hasil kreasi tartnya jauh lebih mahir dari saya. Sore harinya saya memberikan 1/4 bagian dari tart ini kepada tetangga saya utk teman minum teh.



Bahan:
7 butir kuning telur
5 butir putih telur
150 gr gula pasir

80 gr butter
100 gr DCC (dark cooking chocolate)

100 gr tepung

25 gr maizena

25 gr coklat bubuk

1,5 sdt baking powder

Isi:

1 porsi besar buah Chery didlm gelas/toples ( jika ditiriskan isi buah kira² 350 gr)

40 gr gula pasir
3-4 sdt tepung maizena

sepotong kayu manis


Hiasan:

750 ml cream fresh ( sahne)

50 gr gula

2-3 bungkus penguat cream fresh


Cara membuat:
1. Lelehkan butter dan DCC dgn cara ditim. Sisihkan ditempat yg sejuk.

2. Campur terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powder. Ayak campuran tepung ini.
3. Kocok kuning telur dan gula hingga menjadi kental dan mengembang. Setelah itu masukkan adonan butter coklat kedalamnya, aduk rata.

4. Kocok putih telur hingga mengembang.
5. Masukkan sedikit kocokan putih telur ke dlm adonan nr. 3, aduk secara perlahan dan merata.

6. Masukkan sedikit campuran tepung kedalamnya. Aduk perlahan dan merata.

7. Lakukan cara ini secara bertahap hingga kocokan putih telur dan tepung habis.
8. Panggang adonan di dlm oven selama 35- 45 menit dgn suhu 170-180°c.

9. Setelah matang, biarkan kue sampai dingin.


Isi:
1. Tiriskan buah Chery, tampung air rendamannya. Sisihkan 10-16 butir buah chery.
2. Masak air Chery dgn gula, kayu manis hingga gula larut. Ambil beberapa sendok makan airnya, buang batang kayu manis.
3. Cairkan maizena dgn air dingin, masukkan kedlm air gula. Masak hingga kental.
4. Kemudian masukkan buah Chery, aduk perlahan dan biarkan hingga dingin.

3. Kocok cream fresh kemudian masukkan bubuk pengerasnya supaya tdk mudah berair.
Kue siap utk dihias.

Potong kue menjadi 2 atau 3 bagian. Anda dapat mengoleskan sirup karamel atau air buah Chery-gula. Jika tdk mau repot anda bisa langsung mengoleskan sedikit kocokan cream fresh ke atas kue ( rasa kue mungkin nanti agak kering krn tdk ada pelembabnya) .
Setelah itu tuang sebagian adonan buah Chery kental. Tutup dgn cream fresh, oleskan secara merata. Letakkan potongan kue yg kedua. Ulangi hal yg sama dgn potongan kue lainnya . Terakhir tutup kue dgn sisa cream fresh, kemudian hias dgn sisa buah Chery.



4 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah kayaknya enak sekali, jadi mau coba bikin..
makasih mbak Ida resepnya..
sekalian mau tanya juga ini untuk loyang bulat ukuran berapa?
makasih ya mbak..

Unknown mengatakan...

Hallo Helda,
ida pakai loyang uk. 22 tapi menurut ida loyang ini terlalu kecil krn kue menjadi terlalu tebal. Ada baiknya kamu pakai loyang uk 24 atau 26. Selamat mencoba yah.

handioke mengatakan...

untuk membuat hiasan seperti gambar diatas itu gimana mbk?
apa ada trik supaya coklatnya tidak menempel dan mudah diambil lagi?

makasih

Unknown mengatakan...

Hallo mas Handi,
maaf kalau saya baru bisa menjawab pertanyaan anda. Caranya mudah kok mas, lelehkan coklat dgn cara di tim dgn panci double. Setelah itu buat kerucut kecil dari kertas roti, lem bag pinggirnya spy tdk mudah terbuka). Coklat siap untuk ditulis /dibuat model yg anda inginkan diatas kertas roti. Biarkan kering diruangan yg agak dingin. Setelah kering/dingin tinggal diangkat deh.