Minggu, 17 Mei 2009

Sapo Seafood


Saat masih bekerja, terkadang saya dan beberapa teman saweran utk makan siang bersama di GM Plaza. Disana ada sebuah resto yg menyajikan sapo seafood dgn rasa yg sangat lezat. Kami memesan 2 menu utk dimakan berempat.

So....kebetulan saya mempunyai stok beberapa kotak seafood beku dan tahu sutra, lalu
terciptalah menu ini. Sengaja saya memasak sayurannya tdk terlalu matang krn nanti akan saya hangatkan sebagai teman makan malam. Ternyata rasa sapo ini cukup enak, saya makannya sampai nambah. Sayang, suami saya bukan pecinta seafood (kerang , cumi, dkk) jadi dia tdk tertarik utk mencobanya.



Bahan:
1 lonjor tahu sutra
1 batang wortel, iris tipis
1 bundel brokoli uk kecil, siangi
1 pak sea food beku
3 helai daun bawang, iris sesuai selera
1 bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, cincang halus
1/2 - 1 sdt lada (bisa lebih jika suka)
1 sdt garam
700 ml air kaldu hangat
1 sdm kecap asin
1/2 sdt saus tiram
sedikit garam
1/2 sdt minyak wijen
2 sdm minyak utk menumis
1 sdt tepung maizena

Cara membuat:
1. Potong tahu sutra setebal 1 cm, beri garam lalu selimuti dgn tepung. Goreng hingga kecoklatan. Sisihkan.
2. Panaskan wajan, tumis bawang bombay hingga agak layu. Masukkan bawang putih, jahe dan minyak wijen, aduk rata. Tuang seafood, tumis sebentar hingga seafood agak matang.
3. Beri lada, kecap asin dan saus tiram. Masukkan wortel, aduk² sebentar kemudian disusul dgn brokoli, tumis sebentar.
4. Masukkan air kaldu dan garam. Masak sebentar. Cicipi apakah rasa sdh sesuai dgn selera. Utk mengentalkan saus, campur tepung maizena dgn sedikit air. Tuang campuran ini ke dlm sapo. Terakhir masukkan irisan daun bawang. Tuang sapo kedalam mangkuk, susun tahu sutra diatasnya, tuang kuah sapo. Voila...Sapo siap utk dinikmati.




Tidak ada komentar: