Selasa, 05 Mei 2009

Ikan Balado


Hari jum'at kemarin ibu mertua membelikan saya seekor ikan makarel dgn ukuran yg cukup besar. Utk beliau sendiri dan uwe, mereka lebih menyukai makan filet ikan red snaper (tanpa tulang, kepala dan kulit). Jadi itu berarti ikan makarel tersebut bisa saya masak sesuka saya. Sebagai tanda terimakasih nanti malam saya akan memasakkan ikan milik beliau dan uwe. Sedangkan utk saya sendiri ikan makarel tersebut akan saya masak balado.


Bahan:
1 ekor ikan
6 buah cabai besar
4-6 siung bawang merah ( atau pakai bawang bombay uk kecil )
1 siung bawang putih
1 tomat ukuran sedang
sepotong jeruk lemon
sedikit gula
1 lembar daun jeruk
garam secukupnya
minyak utk menggoreng

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan dari sisik dan siripnya. Kemudian potong² ikan sebesar yg anda suka. Lalu beri garam dan perasan air jeruk lemon. Sisihkan.
2. Siangi sebagian cabai dari bijinya tetapi jika anda suka rasa yg sgt pedas, hal ini tdk perlu dilakukan. Kupas bawang merah dan bawang putih. Belah dua buah tomat.
3. Panaskan wajan, goreng ikan hingga matang dan kering. Kecilkan api sedikit, dgn minyak yg sama goreng bawang merah dan bawang putih sebentar, setelah itu masukkan cabai yg kemudian disusul dgn tomat. Jika semua terlihat agak setengah matang, angkat.
4. Hancurkan semua bumbu, kecuali daun jeruk dgn blender.
5. Tumis bumbu dan daun jeruk hingga harum dan matang. Beri garam dan gula, cicipi apakah rasanya sdh sesuai selera. Masukkan ikan yg sdh digoreng, masak sebentar.
6. Voila....ikan balado siap disantap dgn nasi hangat.




Tidak ada komentar: