Jumat, 22 Mei 2009

Ketan Serundeng


Beberapa hari yg lalu saya sempat mampir ke Asia shop utk membeli sambal ABC, mangga, indomie dan tak lupa sebutir kelapa utuh. Ternyata harga kelapa di sini lebih murah daripada di Supermarket. Sekarang saya tidak perlu takut utk membeli kelapa yg masih ada batoknya. Kali ini saya ingin mencoba membuka kelapa sendiri dan abrakadabra, kelapa bisa saya buka dgn cukup mudah walaupun palu yg kami punya bagian depannya berbentuk tumpul. Saya baru tahu bhw palu utk keperluan rumah itu bentuk depannya tumpul, tdk seperti palu yg ada di Indonesia. Katanya sih kalau kita ingin palu yg bagian depannya lancip, harus beli palu spesial utk tukang kayu. Trus, jika anda tdk punya parutan kelapa, gunakan parutan keju (saya pakai yg ini).


So....rupanya rasa kelapa dari Asia shop ini lebih legit dan enak utk digadoin begitu saja. Sisa dari kelapa saya bikin serundeng utk teman makan ketan.


Bahan:
300 gr Ketan putih, cuci dan rendam min.1 jam

170-200 ml air

1 helai daun pandan

1 sdt garam (bisa lebih)


Serundeng:

100 gr kelapa, rendam utk bbrp saat dan diparut

1 cabai besar, jika tdk suka pedas buang bijinya

1 bawang bombay uk kecil ato 6 siung bawang merah

1-2 siung bawang putih

2-3 lembar daun jeruk, iris halus
1 sdm udang kering, sangrai dan haluskan
1 sdm gula merah
garam secukupnya
gula pasir utk campuran serundeng


Cara membuat:

1. Kukus ketan selama 15 menit atau setengah matang.
2. Sementara itu rebus air, daun pandan serta garam.
3. Masukkan ketan aron ke dalam air, aduk rata. Biarkan hingga air menyusust sambil diaduk beberapa kali. Setelah itu kukus ketan hingga matang.

4. Blender cabai, bawang merah/bombay serta bawang putih hingga halus. Beri gula merah dan garam.
5.Campur kelapa parut dgn udang kering yg telah dihaluskan, aduk rata.

6. Panaskan wajan. Masak campuran kelapa parut serta bumbu dgn api sedang sambil diaduk rata. Jika kelapa sudah setengah kering, kecilkan api dan beri taburan irisan daun jeruk. Masak hingga berwarna kuning kecoklatan (anda harus rajin mengaduknya krn kalau tidak bisa cepat gosong). Cicipi apakah rasa sudah ok.

7. Ambil beberapa sendok serundeng, beri gula pasir, aduk rata. Serundeng siap utk ditaburi ke atas ketan. Sengaja saya tdk mencampur semua serundeng dgn gula krn anda bisa menyimpan sisa serundeng utk dipakai kebutuhan lainnya.



Tidak ada komentar: