Senin, 11 Mei 2009

Telur dadar dgn wortel


Saat saya masih kecil, saya itu orangnya paling sulit utk makan sayuran. Hanya sayuran kangkung, bayam, jagung, katuk dan daun singkong yg saya suka. Jika mama memasak sayur asam, saya hanya memakan jagung rebus, melinjo dan kacang tanahnya saja. Kalau mama memasak sayur sup, saya hanya memakan kentangnya saja. Yg namanya wortel, buncis, kol, nangka muda, dll tidak saya sukai.


Akhirnya mama membuat trik yg membuat saya jadi suka makan sayuran, yaitu dgn membuat dadar telur yg dicampur dgn sayuran. Misalnya seperti dadar yg satu ini yg diberi saus tomat. Tentu saja anda bisa menambahkan dgn bahan² lain yg anda suka, misalnya sayur bayam, udang atau daging ayam cincang.

Bahan:
3 butir telur
1 butir wortel
2 batang daun bawang, iris halus
1/2 sdt paprika bubuk
lada dan garam secukupnya
sedikit butter utk mendadar

Utk Saus:
3 sdm saus tomat
1 sdm saus cabai
1 sdt munjung pasta tomat
bawang bombay, iris memanjang
1 cangkir kaldu ayam
1-2 sdt cuka
1 cabai merah besar, iris tipis, buang bijinya
1 sdt butter
beberapa potong nanas
lada, garam dan gula secukupnya


Cara membuat:
1. Bersihkan wortel, iris tipis seperti korek api.
2. Dalam wadah, campur telur, lada, garam dan paprika bubuk, kocok lepas. Kemudian masukkan irisan wortel dan daun bawang. Aduk rata. Sisihkan.
3. Panaskan wajan, tumis bayang bombay dgn butter hingga harum. Masukkan irisan cabai merah, tumis sebentar. Setelah itu masukkan pasta tomat, aduk². Disusul dgn saus tomat dan saus cabai.
4. Tuang air kaldu, aduk rata dan masak hingga agak mengental. Beri cuka, garam, lada dan gula. Aduk rata dan cicipi apakah rasa sdh sesuai dgn selera. Kecilkan api.
5. Panaskan wajan dadar dgn api sedang. Tuang adonan (bisa dibagi 2), tutup wajan. Gunakan api sedang krn jika api terlalu besar, telur akan cepat matang tetapi sayurannya tidak. Jika bagian bawah sdh berwarna kuning kecoklatan, balik adonan. Masak hingga matang.
6. Telur dadar siap di banjur dgn saus.



Tidak ada komentar: