Kamis, 18 Juni 2009

Bubur Ayam


So....berhubung kemarin saya membuat cakwee, lalu saya jadi tertarik utk membuat bubur ayam. Pasti enak untuk disantap di pagi hari. Untung saja kemarin saya sempat menyisihkan beberapa potong cakwe karena ternyata suami saya menyukainya.

Beras saya rendam sebentar untuk mempercepat pro
ses merebus. Ternyata rasa bubur ayam ini sangat enak apalagi saya merebusnya dgn menggunakan air kaldu ayam buatan sendiri . Jika tidak ada, anda bisa mendapatkannya dgn merebus ayam (sebagai teman makan bubur) terlebih dahulu.



Bahan:
1 cangkir beras
1 - 1,5 L air / kaldu (bisa lebih)
1 siung bawang putih, cincang halus
sepasang dada ayam uk sedang
1-2 lembar daun salam
sedikit lada
garam secukupnya
1 sdm minyak

Pernak-pernik bubur:
cakwee, iris tipis
daun seledri, iris halus
bawang goreng
tongcai
kecap asin dan sambal
kerupuk

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan dada ayam lalu tuang air, beri garam dan lada. Masak sebentar hingga air mendidih, cicipi apakah rasa sdh ok. Masak ayam hingga matang. Angkat dan sisihkan.
2. Masukkan beras ke dalam air bekas rebusan ayam. Beri daun salam. Masak hingga menjadi bubur. Jika air kurang bisa anda tambahkan.
3. Sementara itu, goreng dada ayam hingga kecoklatan. Voila....bubur siap dihias.



3 komentar:

Anonim mengatakan...

yang ini perlu banget dipraktekin didapurku juga neh.. buat weekend pastinya...weekend depan.. hihihi...
met weekend ya untuk kalian sekeluarga ;)

linae

Nindy mengatakan...

Oh ya kalo dicampur sama kikil enak gak ya....Thanks infonya....

Unknown mengatakan...

Kenapa tidak, kamu coba aja dulu. Sebenarnya saya juga suka kikil tp di sini susah dicari.