Rabu, 24 Juni 2009

Nasi Kuning


Nasi kuning ini sebenarnya saya masak di akhir bulan Mai. Bermula dari acara pertemuan kita dgn Ulli dan Ewa. Ulli adalah sepupu dari suami sedangkan Ewa adalah pasangannya yg berasal dari Polandia tetapi sudah sangat lama tinggal di sini. Mereka berdua sangat menyukai traveling, terutama ke daerah yg hawa panas, mulai dari Afrika hingga Asia. Selain itu Ewa mempunyia hobby memasak terutama masakan negara yg pernah mereka kunjungi, salah satunya adalah India dan Thailand.

Ceritanya ketika akan pamit pulang mereka bertanya kepada saya, bagaimana jika suatu saat saya mengundang mereka dgn acara masakan Indonesia. Saya tdk bisa menolaknya dan berjanji suatu hari akan mengundang mereka utk mencicipi masakan Indonesia.


So....bbrp hari kemudian saya mencoba utk membuat rendang dan nasi kuning. Setelah semua selesai, malam harinya saya meminta uwe utk mencoba masakan ini. Wealaaah....dia yg tadinya berniat tdk mau makan malam banyak ternyata malah menambah porsinya. Tidak disangka akhirnya saya mau mencoba membuat rendang dgn bumbu olahan sendiri. Hasilnya ternyata lebih enak dari bumbu siap pakai.

Nasi kuning saya bikin seperti membuat nasi uduk, hanya saja saya hilangkan lengkuas dan jahe serta menambahkan daun jeruk. Kalau ingat kejadian 3 tahun yg lalu, saya jadi malu sendiri. Dahulu saya memakai bumbu jadi hanya utk membuat nasi kuning. Tetapi sekarang saya berusaha utk mengurangi pemakaian bumbu jadi selama saya bisa membuatnya sendiri. Ah...ya, saya membuat nasi kuningnya versi mudah, tanpa dikukus alias dgn microwave. Seperti biasa jika anda membuatnya cukup banyak, saya anjurkan utk menggunakan rice cooker.

Bahan:
1 cangkir beras
2 cangkir santan (bisa campur 1/2 santan kotak dan air)
2 lembar daun salam
1 lembar daun pandan, potong²
1 lembar daun jeruk
1 batang sereh, keprek²
garam secukupnya.

Cara membuat:
1. Masak santan dan rempah² dgn api sedang hingga matang.
2. Cuci beras dan masukkan kedalam rebusan santan. Masak hingga santan mengering (jgn terlalu sering diaduk nanti nasi bisa benyek)
3. Jika santan hampir kering, angkat dari api, biarkan agak dingin sambil sesekali diaduk.
4. Nasi aron siap dimasukkan kedalam microwave. Jika sdh matang, aduk nasi sebentar supaya bagian bawahnya tdk basah.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

lagi hunting reswep neh!
apa kabar mpok? sehat?!
bole ya ngulik² resepna, buat acara sabtu esok nih... huhuhu... bikin ngiler ajah!

linae