Selasa, 09 Juni 2009

Crème Brulée

Weekend kemarin saya mendapat tugas dari ibu mertua untuk membuat dessert yg bernama créme brulée. Ceritanya beliau ingin membuat pesta kecil untuk merayakan hari ultahnya diakhir bulan Mai yg lalu. Kebetulan saat beliau ultah, beliau sedang pergi berliburan menengok adiknya yg tinggal dibenua lain.

Berhubung sudah lama saya tidak pernah membuat desert yg satu ini, akhirnya saya mencari resep di blog lama dan setelah dipertimbangkan saya memutuskan utk merubah sedikit komposisi bahan. Menurut komentar para tamu, katanya sih rasa crème brulée ini sangat enak, malahan ada yg meminta resepnya.


Bahan: (5-6 porsi)
400 ml cream fresh / sahne
200 ml susu segar
90 gr gula pasir
4 butir kuning telur uk sedang
1 butir telur uk sedang
1 batang vanili bourbon

Karamel:
sedikit braun sugar

Cara membuat:
1. Belah dua vanili, kerat isinya dgn ujung pisau.
2. Campur gula, susu dan vanili (isi dan kulitnya). Panaskan diatas api (jangan dimasak). Sesekali diaduk hingga gula mencair. Biarkan sebentar hingga suhu turun.
3. Tuang cream fresh/ sahne ke dalam susu, aduk rata.
4. Di dalam wadah terpisah, campur semua telur, aduk rata dgn whisk (jgn dikocok). Setelah itu masukkan ke dalam campuran susu dan cream fresh. Aduk rata dan setelah itu disaring. Diamkan adonan selama 30 menit.
5. Tuang adonan ke dalam beberapa loyang kecil tahan panas. Lebih baik anda gunakan loyang keramik berbentuk ceper (jgn yg tebal). Panggang adonan dgn cara au bain marrie selama 40-50 menit dg nsuhu 150°c atau hingga adonan agak beku seperti puding.
6. Angkat crème brulée dan biarkan hingga suhu dingin. Masukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam. Jika acara dessert akan dimulai, taburkan braun sugar keatasnya, lalu bakar dgn api gas khusus utk crème brulée hingga gula menjadi karamel . Voila....bon Appetit.....

17 komentar:

Anonim mengatakan...

Ng...blog beserta isi-Nya keren! aku mau tanya tentang karamel, bukan-Nya karamel diatas bisa diberi sprinkle sugar yang di bakar di sendok atau semacamnya? tapi, enakkan pakai karamel ini atau sprinkle sugar, ya? ngomong-ngomong foto ida's kitchen di depan blog, gmn cara ngebuatnya??? thx

Unknown mengatakan...

terimakasih utk comment-nya. Jika gulanya dibakar di sendok apa nanti tdk menempel disana? menurut saya lebih baik Anda menabur gula putih atau brown sugar langsung diatas creme yg sdh matang &dingin saja, jadi lebih praktis. Maaf, saya belum pernah membuat karamel dgn gula halus/sprikle sugar. Mengenai foto utk header, coba anda lihat html-nya. Terus terang, sdh lama saya tdk otak-atik blog jadi sdh lupa caranya, tp seingatnya bisa dirubah dari html-nya.

shiladiera mengatakan...

Tante ida... maaf dari tadi ngopi resep2nya tante ngg izin dlu... Q baru negh tulisan merahnya abis baca blog tante... Abis foto2 masakannya enak2 banget sih... Buat koleksi pribadi kok biar bisa pinter masak kayak tante.... Met Puasa utk tante n keluarga...:)

Unknown mengatakan...

Hallo Shila,
terimakasih kalau kamu ternyata mau minta ijin, jarang loh ada org yg spt kamu. Mbak tahu ada byk org yg mendown-load foto² diblog mbak tanpa minta ijin. Silahkan saja kalau itu utk koleksi pribadi kamu. Ditunggu cerita hasil percobaannya ya....

Anonim mengatakan...

mbak ida, maksudnya yg susu dipanaskan tp tidak dimasak itu apakah di tim? lalu kalo tdk ada api gas apa ada alternatif lain? terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Hallo sdri Anonym,
maskud susu dipanaskan tp tdk dimasak adalah, jgn sampai susu dimasak hingga mendidih, yg penting hangat dan gulanya mencair. Sebenarnya yg asyik dari crème brulé itu ya saat gula dibakar dgn api, krn ada aroma tertentu dan gula jd crispy. Saya pernah mencoba dgn oven tp jadinya tdk bagus. Mungkin anda dpt membuat caramel dari gula (tanpa air), lalu hasilnya dituang diatas puding ini, hanya saja klo cara spt ini saya belum pernah mencobanya.

oci mengatakan...

tante ida kalo buat creme brulee kalo gapake batang vanilli bourbon bisa ga tapi pake vanilli bubuk????????? terus kalo gapake karamel ga apa apa kan????? jawabnya cepetan tante aku mau buat soalnya

Unknown mengatakan...

Hallo Oci,
kalau memang tdk ada vanili batangan ya mau tdk mau bisa sih pakai aroma vanili ( bubuk). Kalau tdk pakai karamel nanti namanya bukan creme brulee dong. Justru daya tarik creme brulee itu pd karamel- nya yg crispy. Mungkin lebih baik kamu bikin dessert yg bernama creme karamel saja ( dessert org itali).

oci mengatakan...

tante ida berapa sendok teh vanili kalo misalnya pake vanili?????

Unknown mengatakan...

Hallo Oci,
ada baiknya pakai sedikit dulu saja, mislanya seujung pisau. Jika menurut kamu aromanya kurang kencang, nanti dpt ditambah kembali. Berhubung saya tdk pernah pakai vanili bubuk(warna putih) jd saya tdk tahu dgn jelas berapa ukurannya.

silvia mengatakan...

Ijin copas yah mba :) thanks a lot
silvia

Unknown mengatakan...

Hallo Silvia,
silahkan mbak...

raisayuliana mengatakan...

tante ida....saya baru mau coba2 bkn creme brulle...klo.mslny.saya pake resep.dr tante ida kira2 tingkat kesulitanny utk pemula gmn ya?krn jujur aja saya blom pnah bkn dessert spt ini...thx

Unknown mengatakan...

Hallo Raisa,
utk bikin puding ini sebenarnya tdk sulit, kamu baca lagi deh cara membuatnya. Utk membuat bag caramel (bag atas) menjadi crunchy, gula hrs dibakar dgn api/gas, jgn pakai oven. ' met mencoba, semoga sukses :)

Unknown mengatakan...

mbak ida, saya indah. mbal, kalo mau bakar gula yg bagian atas nya itu bisa pake korek gas nggak? soalnya aku nggak punya blow torch. makasih mbak :)

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Indah,
kalau pakai korek api gas itu pasti akan luamaaaa sekali krn kekuatan panasnya yg kurang dan tdk dpt membakar gula menjadi caramel.

Environmental Friendly Design mengatakan...

Halo Mbak Ida, bisa ijin fotonya yang creme brulee aku posting di Instagram aku mbak? IG aku: ithas_corner. Terima kasih banyak Mbak Ida,,