Senin, 14 Februari 2011

French Almond Lemon Macaron


Kebetulan saya mempunyai sisa putih telur dan ingin dikaryakan. Tadinya sih mau dibikin Lidah Kucing tetapi akhirnya jadi berubah haluan untuk mencoba resep baru, yaitu Almond Lemon Macaron ( diambil dari PastryPal ).

Rupanya saya tidak mempunyai stok Almond bubuk tetapi punya 1 kantung Kacang Almond utuh yang masih ada kulitnya. Segera saya seduh sebentar kacang Almond untuk dilepas kulit Arinya. Setelah itu saya angin²kan sebentar supaya kering ( bisa juga di oven sebentar dgn suhu rendah). Kemudian kacang Almondnya saya giling deh...voila...self-made Almond bubuk.

Membuat kuker yang satu ini gampang² susah. Tetapi jika kuker ini sudah matang dan aromanya menyebar disekitar dapur membuat kita lupa dengan kesulitan yang baru saja dilalui. Utk percobaan pertama hasilnya cukup lumayan lah...yang penting rasanya sudah enak, cocok untuk teman minum espresso, teh maupun kopi. Ah ya...saya tidak menempelkan semua Macaron dengan filling krn saya lebih suka makan Macaron begitu saja.

Bahan:

100 gr Almond bubuk
175 gr Gula Halus, di ayak

100 gr Putih Telur ( suhu ruangan )
30 gr gula Kastor
sedikit parutan kulit jeruk Lemon - Organik


Filling:
Dapat diisi dengan vanilla butter cream, ganache, selai ataupun nutela


Cara membuat:

1. Campur Almond bubuk dan gula halus, aduk rata.

2. Siapakan loyang yang dialasi kertas roti.
3. Kocok putih telur sampai agak mengembang (kalau mau bisa dikocok secara manual, itung² sport)
4. Masukan gula kastor, kocok telur hingga soft peak.
5. Tuang campuran gula dan Almond sedikit demi sedikit, aduk secara hati² dan merata hingga tepung habis.
6. Siapkan piping back dengan spuit Nr. 12 atau bisa juga tanpa spuit ( ujung piping bag di gunting). Tuang adonan ke dalam piping bag.

7. Bentuk adonan diatas loyang, besarnya sesuai dengan yang anda inginkan.

8. Biarkan adonan di suhu ruangan minimal 1 jam atau sampai permukaan adonan tidak lengket jika disentuh dengan jari.

9. Panaskan oven dengan suhu antara 150-160°c. Panggang adonan sampai matang. Waktu pembakaran tergantung besar-kecilnya adonan .

9. Setelah matang, biarkan kuker hingga dingin, baru kemudian kuker dapat dilepaskan dengan mudah dari kertas roti.



Tidak ada komentar: