Senin, 28 Februari 2011

Kangen Tempe

Kira² sekitar 6 tahun yang lalu saya pernah membuat tempe sendiri. Kalau di lihat dari bentuknya sih terlihat lumayan, rasanya juga layak untuk di makan. Untuk membuat tempe itu kan diperlukan ragi khusus, tidak sama dengan ragi untuk tape. 

Karena tempe ini dibuat hanya untuk keperluan pribadi, jadinya sulit bagi saya untuk mendapatkan ragi dalam jumlah sedikit. Untung saja ada yang berbaik hati mau menyumbangkan beberapa sendok makan raginya ke saya. Yo...wis, tunggu apalagi, langsung dipraktekkan saja lah.

 Semua bungkusan tempe saya jadi dengan baik, maklumlah dibuat dengan penuh konsentrasi dan rasa cinta (prikitiwww...). Tapi kalau saya mau jujur...rasa tempe langganan kok lebih enak ya ???....apa harus pakai daun pisang utk membungkusnya atau ada resep rahasi tertenutu untuk membuat tempe. Adakah yang mau berbagi resep rahasinya membuat tempe ke saya ?


4 komentar:

linae mengatakan...

Mpok, ditoko asia situ ngga ada tempe nya ya? apa ngga bisa pesen tuh? aku kadang pesen ama yang punya suruh beliin 10 sekalian trus masuk freezer, hihihi...
Kalo ke mudik dari indo bawa ragi bagi² dikit ke ane ye.. kemaren mudik susah dapetin ragi tempe :(

Unknown mengatakan...

Hallo Linae,
di asia shop sini jarang jualan tempe dan gw gak bisa pesan. Wong gw pesan bumbu indofood Nasgor aja blum datang juga nih. Gw gak terlalu suka klo tempe terlalu lama di freezer, jamur tempe na pd mati dan rasanya juga kurang uhuy. Insya Allah, klo gw dpt ragi nanti ente akan gw kirimin deh ya....

Anonim mengatakan...

mba ida, gmn caranya kalo mau membuat sendiri ragi tempe?..skrg sy tinggal di turki, pengen bkn sendiri tempe tp ga ketemu raginya...klo sy ganti ama ragi utk membuat donat bs ga ya?...sy tunggu jawabannya ya mba...makasih..fatma.

Unknown mengatakan...

Hallo Sis Fatma,
untuk membuat tempe tdk dapat menggunakan ragi utk roti/donat, krn fungsi jamur yg ada didalamnya juga sudah berbeda. Saya pernah membaca cara membuat ragi tempe sendiri, kalau tdk salah sumbernya dari LIPI. Andai ada teman yg mudik mungkin bisa titip Sis. Maaf, kalau saya tdk bisa membantu.