Jumat, 11 Februari 2011

Ayam Bumbu Rujak


Sudah lama saya ingin mencoba resep ini dan kebetulan melihat ke sebuah blog tetangga (dapursolia.blogspot.com) ternyata bumbu²nya mudah sekali. Saya agak sedikit memodifikasinya sesuai dgn selera saya. Ternyata si abang suka dgn bumbunya tetapi tdk suka dgn ayam yg bertulang. Dia pesan utk dibuatkan seperti ini tetapi dgn filet ayam.....* gak janji la yauuu...*


Bahan:
1 ekor ayam, potong² sesuai selera
3 lembar daun salam
sedikit minya untuk menumis
500 ml santan ( saya pakai 250 ml santan + 250 ml susu segar + 100 ml air kaldu )
2 sdt asam jawa

bumbu halus:
6 buah cabai jumbo, kira² 150 gr cabai, buang sebagian bijinya
1 butir bawang bombay uk sedang
3 siung bawang putih
6 butir kemiri, sangrai
seiris jahe
1 sdt ketumbar bubuk ( optional, saya pakai ini krn saya suka ketumbar)
1/3 sdt kunyit bubuk ( optional )
sedikit gula ( saya pakai gula merah)
1 batang sereh ( saya ambil bag intinya dan diiris tipis) atau bisa di keprek
garam

Cara membuat:
1. letakkan asam jawa didalam mangkuk, tuang dgn sedikit air, peras-peras.
2. Bersihkan ayam, cuci dan tiriskan. Tuang air asam ke atas dagingn ayam, aduk rata. Sisihkan selama 30 menit.
3. Haluskan semua bumbu.
4. Panaskan wajan dam minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk rata untuk beberapa lama hingga daging ayam agak kecoklatan.
5. Tuang santan dan susu segar, masak dgn api kecil hingga ayam matang.
6. Cicipi apakah rasanya sudah sesuai dengan selera.
7. Ayam bumbu rujak ini dapat disajikan begitu saja dgn nasi hangat atau bisa pula dipanggang.




6 komentar:

Anonim mengatakan...

ganti template ya...
bagus lho...
ntar resepnya ditambah ya...
saya sering nyoba, dan enak banget

Unknown mengatakan...

Hallo Anonim,
terimakasih utk commentnya. Benar, wajah blog-nya dipermak sedikit, kasihan sdh lebih dari 3 thn tdk pernah didandani. Insya Allah...thn ini akan diusahakan utk lebih rajin posting.

Anonim mengatakan...

mbak ida, ada resep kue pastry yg kayak di starbucks gak? anak saya doyan bangets... kalo beli di starbucks melulu kan mahal, kepengin bikin sendiri gak tau caranya. thx yach...

Unknown mengatakan...

Hallo Anonim,
terus terang saya itu cuma 1x main ke Starbuck krn pada dasarnya saya tdk suka ngopi, jd saya kurang tahu jenis pastry yg ada disana. Saya lebih suka minum espresso tp minumnya dirumah, harganya lebih murah, lebih enak dan byk pilihannya. Kalau kamu tahu nama dan gambarnya, nanti akan saya cari resepnya dan dicoba deh, ini termasuk tantangan juga loh.

kris mengatakan...

mbak...
aku kan mau nyoba resep es krim nya...
tapi karna ga ada mesin es krim, gimana donk caranya..?

Unknown mengatakan...

Hallo Ibu Kris,
dahulu saya pernah membuat sorbet strwaberry tanpa mesin (spt ice cream tp hanya buah yg diblender bersama gula, tanpa menggunakan susu atau sejenisnya). Jika adonan ice anda sdh siap, masukkan ke dalam freezer sampai setengah keras, kemudian diblender kembali dan dimasukkan ke dlm freezer lagi. Cara ini diulang 2-3x, sampai ibu merasa cocok dgn tekstur ice cream yang diinginkan. Selamat mencoba....