Selasa, 22 Februari 2011

Home made Mayonnaise


Duluuuu... saya pernah mencoba membuat mayonnaise (mayo) dengan dasar butter yang dicairkan, tetapi kok saya tidak ingat rasanya bagaimana atau apakah resep tersebut berhasil atau tidak. Berhubung saya itu bukan pecinta mayo, hanya sesekali memakannya jika saya menggoreng kentang, jadinya saya tidak pernah tertarik untuk membuat mayo sendiri.


Hanya saja kebetulan beberapa hari yang lalu ketika sedang surfing resep kuker, tiba² saya melihat cara membuat mayo yang sangat sederhana. Entah gimana akhirnya saya tertarik untuk mencobanya, kebetulan semua bahan ada dirumah....Ah ya, semua bahan harus dalam kondisi suhu ruangan.


Bahan:
1 butir Telur segar uk besar
1 sdt saus Mustard / Senf
1/2 sdt peres garam ( sesuaikan dgn perkiraan Anda krn kadar asin garam lain²)
1 sdt air jeruk Lemon
250 ml Minyak Goreng ( pakai minyak yg neutral, bisa dari jagung atau bunga matahari, jgn pakai minyak Olive krn terkadang aromanya dapat mengganggu atau dapat pula mayo menjadi terasa agak pahit. Jika tetap ingin memakai olive oil, mohon cari yg aroma dan rasanya neutral ).

Cara membuat:
1. Letakkan telur didalam wadah
2. Masukkan semua bumbu seperti, Mustard, garam dan air jeruk lemon.
3. Terakhir masukkan minyak goreng.
4. Gunakan Hand-Held Blender untuk mengocok semua bahan. Dimulai dari bagian bawah (kalau bisa posisi telur tepat berada dibawahnya) kocok dari kekuatan rendah hingga kencang sampai adonan bagian bawah terlihat berwarna crem. Baru kemudian setelah itu secara perlahan kocokan dapat ditarik keatas hingga akhirnya semua adonan berwarna crem. Voila.....selesai deh saus mayonaise anda.
Mayo segar ini harus segera dimasukkan ke Kulkas, dapat tahan hanya untuk beberapa hari saja krn menggunakan telur mentah.

Komentar saya:
Ternyata rasa Mayonnaise ini sangat enak, hampir menyamai Mayonnaise dari merk Thomy yang di Tube ( menurut 2 org yang sudah mencobanya ). Saya sampai dua hari berturut-turut menggoreng French-fries.
Ah ya...terkadang ada resep yang hanya memakai kuning telur sebagai basisnya, klo saya kan pakai telur utuh. Sekarang terserah Anda ingin mencoba yang mana.

Dengan basis resep Mayonnaise, Anda dapat pula membuat saus lainnya, seperti Aioli, Hollandais serta Remoulade. Insya Allah di Kesempatan berikutnya nanti akan saya coba.





2 komentar:

Anonim mengatakan...

Apa membuat mayonya bisa menggunakan semua jenis hand blender atau harus yg ada foam blade nya?

Unknown mengatakan...

dear mbak Anonym,
pada dasarnya untuk membuat mayonais itu bisa menggunakan handblender, handmikser, whisk bahkan garpu . Yg harus diperhatikan bahwa adonan harus selalu diaduk/diputar.
jika menggunakan manual, pencampuran antara adonan telur dan minyak yg harus diperhatikan.
krn hal kepraktisan, saya menggunakan hand blender.
setahu saya semua hand blender ada foam blade-nya atau mbak bisa menyebutkan merk handblender tanpa foam blade ?