Sabtu, 12 Maret 2011

HOME MADE GELLATO DI NOCCIOLA


Hazelnut ice cream merupakan kesukaan kami berdua. Biasanya jika sedang main ke pusat kota dan kita malas duduk di ice cafe langganan, saya hanya pesan 2 bola saja utk dimakan sambil berjalan menuju ke rumah, yaitu yang rasa coklat dan hazelnut.

Karena penasaran dan kebetulan dirumah ada stok kacang hazel, tersirat keinginan utk mencoba jenis ice yang satu ini. Setelah timbang sana sini terciptalah resep Gellato di Nocciola ala Ida. Resep in
i adalah paduan dari beberapa macam resep. Hasilnya cukup enak, kalau percaya silahkan anda coba sendiri.....


Bahan:

125 gr kacang Hazel
150 gr braun sugar/gula pasir

425 ml susu segar

200 ml fresh cream/ whipped cream letakkan di dlm kulkas
sedikit vanili bourbon

3-4 butir kuning telur uk sedang


Cara membuat:

1. Sangrai kacang hazel hingga matang atau bisa juga di oven ( 180-200 °c selama 10-12 menit). Setelah itu tuang ke atas kertas atau lap bersih, tekan sambil digilling utk melepaskan kulit arinya. Dari pengalaman saya, biasanya tdk semua kacang hazel bisa dilepas kulit arinya. Hal ini tidak menjadi masalah.

2. Setelah itu, giling halus kacang hazel dgn food processor atau mesin penggiling.

3. Tuang susu segar, gula, vanili dan kacang hazel bubuk, masak hingga gula larut. Matikan api, sisihkan hingga suhunya agak turun.

4. Sementara itu kocok kuning telur didlm baskom metal, kemudian kocok telur diatas air panas hingga telur hangat, kental dan sedikit memutih. Sisihkan.
5. Saring air susu-kacang hazel untuk mendapatkan cairan yang fine. Campur sedikit demi sedikit cairan yg hangat kuku ini ke dalam kuning telur, aduk rata. Letakkan didalam kulkas hingga benar² dingin.

6. Sebelum ice cream maker dikeluarkan dari freezer, kocok fresh cream hingga agak sedikit kaku. Campurkan ke dalam cairan susu-kacang-telur, aduk rata.

7. Siapkan ice cream maker (tentu saja sdh didinginkan di dlm freezer selama semalam). Pasang sesuai aturan. Tuang adonan ice cream ke dalam mesin, aduk selama 20-30 menit atau hingga mesin berhenti sendiri.

8. Voila....Gellato di Nocciole is ready.......
ice cream dapat di hias dgn coklat yg dilelehkan atau dapat pula ditaburi dgn kacang yg di cincang....Bon Appetite....


Ps: Disetiap ice ceam yang akan Anda bikin, komposisi susu dapat diganti dengan fresh cream, rasanya pasti lebih lezat, hanya saja hati² dgn kolesterol Anda. Sekedar Info mengenai komposisi lemak, di dalam susu segar full-milk sekitar 3,5- 4 %, fresh cream sekitar 30%.


8 komentar:

leonardo liu mengatakan...

cc aku minta ijin copas y resep2ny,buat iseng2 bikin d rumah ^_^

Unknown mengatakan...

Hallo sdr Leonardo,

ok...silahkan saja, kalau ada kritik ato saran bisa kontak ke saya. Terima kasih sdh mampir.

leonardo liu mengatakan...

thx y

leonardo liu mengatakan...

oia cc,numpang nanya,ini bikin gelatony kek es krim biasa y,nnti bentuk es ini kaya gelato asliny ga,yg rada2 lengket gitu.

ehm trus ak mo nanya,resep creme brulee itu kan ada pake fresh cream,yg d maksud fresh cream itu krim kental bukan y?thx

Unknown mengatakan...

benar, nanti hasil ice-nya creamy, tp bikinnya pakai ice cream maker ya, soalnya saya blum pernah coba dgn cara manual. klo mo disendok pakai scoop hrs ditaruh sebentar difreezer.
crem fresh yg saya maksud yaitu crem cair utk whipped cream. 'Met mencoba deh ya...moga2 berhasil.

leonardo liu mengatakan...

oow ok2,thx y wkwk,nnti mo aku coba hehehe

Unknown mengatakan...

klo sdh mencoba dan nanti bagus hasilnya, jgn lupa seporsi dikirim ke saya yaaaa

leonardo liu mengatakan...

hahahaha sip aku kirim wadah es krimny aja wkwkwkwkwkwkw