Selasa, 29 Maret 2011

ROTI KISMIS LEMBUT (tanpa Telur)


Ceritanya sedang isenk ingin mengkaryakan sekotak cottage cheese ( curd cheese ) yang ada di Kulkas. Tadinya sih itu bahan ingin saya pakai untuk dessert tetapi karena tidak ada stok buah²an jadinya saya pakai untuk percobaan resep roti. Menurut cerita, katanya sih roti bisa lembut dengan menambahkan cottage cheese ke dalam adonan walaupun tanpa telur. Resep secara umum didapat dari mertua tetapi saya modifikasi lagi.

Sekedar info, cottage cheese itu masih satu keluarga dengan yoghurt tetapi bentuknya agak mirip cheese cream. Kadar lemaknya sangat rendah jika dibanding cheese cream . Jika cottage cheese ingin dibuat sebagai dessert, biasanya dicampur dgn fresh cream plus selai, buah²an atau bahan yang manis lainnya sebagai pelengkap rasa.

Jika tidak ada bahan ini, anda dapat memakai yoghurt yg kental hanya saja yoghurtnya harus di saring dgn kain kassa atau lap dapur yg bersih, untuk mengurangi kadar air yg ada didalam yoghurt. Atau dari info yang saya baca, cottage cheese dapat dibuat dari susu segar yg dihangatkan (1L) dicampur dgn perasan air jeruk nipis (2 butir), diamkan sebentar hingga susu seperti menggumpal dan agak kental, lalu gumpalan tersebut disaring dgn kain kassa/ lap dapur bersih.

So....sekarang saya penasarn utk membuatnya eeuuuyyy...




Bahan:

350 gr tepung terigu
1 kotak ragi segar (1 pak ragi instant) 
75 gr butter, lelehkan
135 ml susu, hangatkan 
150 gr cottage cheese (jika tdk ada dpt pakai yoghurt atau ricotta) 
75 gr gula 
sedikit vanili 
sedikit garam
 75 gr kismis, seduh sebentar dgn air panas 
Kuning telur dicampur dgn bbrp sendok susu cair sebagai olesan



Cara membuat:
1. Hangatkan susu, bagi 2. Sebagian dicampur dgn ragi segar plus sedikit gula, aduk rata. Setelah itu tuang ke bagian tengah tepung (bikin cekung dibagian tengahnya), biarkan kira² 10-15 menit.


2. Setelah itu pasang mixer dan masukkan semua bahan roti kecuali kismis. Aduk adonan hingga kalis, baru kemudian terakhir masukkan kismis yg sudah direndam dalam air panas. Aduk sebentar. Kemudian tutup adonan dgn lap basah dan biarkan selama 1 jam atau sampai adonan mengembang dgn bentuk 2x lipat dari sebelumnya.


3.Jika adonan sdh mengembang, tekan dan uleni sebentar adonan dgn tangan (jika perlu meja diberi taburan tepung). Adonan siap dipanggang atau bisa juga dibagi beberapa bagian. Letakkan diatas loyang yang dialasi dgn kertas roti, biarkan sebentar (15-20 menit), olesi dgn kuning telur yg dicampur susu segar. Lalu panggang dalam oven dgn suhu 170°c hingga matang.


Komentar saya:
Roti ini adalah roti sederhana tanpa unsur telur didalamnya. Utk jenis roti ini ternyata tekstur roti memang lembut, rasanya cukup enak untuk dimakan. Jika tidak suka dgn kismis dpt dihilangkan dan bisa diisi sesuai dgn selera anda, seperti keju, nutela, selai atau lainnya. Saya membiarkan roti selama 2 hari di dalam kantong plastik (suhu ruangan agak sejuk), roti masih terasa lembut. Jika ingin dimakan, dapat dihangatkan di atas toaster.

Tidak ada komentar: