Rabu, 17 Agustus 2011

Banana Walnut Muffin


Kebetulan di pojokan dapur masih tersisa 3 buah pisang ambon yang sudah sangat ranum. Ingin digoreng menjadi pisang keju rasanya sudah tidak mungkin lagi karena pasti pisangnya menjadi lembek. Akhirnya setelah surfing diinternet, saya melihat resep muffin yang sangat mudah dan menurut yang sudah pernah mencobanya memang cukup moist.

Segera saya buka lemari tempat menaruh bahan² kue, syukur...semua bahan ada disana. So...tunggu apa lagi...langsung dicoba ajalah. Rasanya cukup enak dan cocok sebagai teman saat berbuka puasa nanti. Resep diambil dari sini .


Bahan:
1 butir telur uk besar (saya pakai 2 butir uk sedang)
3 buah pisang ranum, hancurkan
100 gr gula pasir
70 gr butter, cairkan
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
200 gr tepung terigu, ayak
100 gr kacang walnut ( sisihkan 12 butir sbg hiasan, sisanya di cincang kasar)

Cara membuat:
1. Kocok sebentar telur, lalu masukkan gula, kocok rata sampai agak sedikit mengembang.
2. Masukkan pisang yang sudah dihancurkan ke dalamnya, aduk rata.
3. Campur tepung terigu, garam, baking soda dan baking powder. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur, aduk rata.
4. Tuang butter cair, aduk rata. Terakhir masukkan kacang walnut cincang, aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang muffin (dapat dialasi dgn paper cup atau olesi loyang dgn butter dan taburi tepung). Letakkan kacang walnut utuh diatas setiap adonan. Panggang dalam oven dgn suhu 170-180°c hingga matang.

Komentar:
- Rasa muffin memang cukup enak, apalagi saat masih hangat. Biasanya si abang jarang mau mencoba muffin tetapi kali ini dia mau mencobanya. Katanya lain kali kalau membuat utk dia minta diberi sedikit kayu manis bubuk...seeeep deh.
Atau jika anda suka dapat pula dimasukkan coklat chips...pasti tambah enak deh. Dapat pula anda memakai 4 butir pisang atau menambahkan sirup pisang atau aroma pisang. Krn walaupun sdh memakai 3 buitr pisang yang ukurannya sedang ternyata aroma pisang tidak terlalu kuat, padahal tadinya saya khawatir aroma pisang akan terlalu kuat.


4 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak ida...

Mbak muffinnya enak. Tapi karna ga suka pisang saya ganti pisangnya sama apel yang dipanggang biar lembut. o ya, kacang walnutnya diganti sama almond mbak. Abis mo nyari walnut dimana disini...
hehehehe

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krishna,
waaah...kamu jd tambah kreatif aja nih, good idea dik, 2 jempol utk kreasi kamu

Anonim mengatakan...

Dear mbak Ida

Makasi Mbak, o ya mbak, choco chips cookiesnya udah saya coba lagi dan kali ini tanpa kuning telur. Hasilnya ga melebar lgi mbak. Mbak, mau tanya mentega itu ga boleh di kocok terlalu lama ya??

Unknown mengatakan...

Hallo dik Krishna,
mengenai lama mengocok mentega itu tergantung dari suhu dan jumlah mentega itu sendiri. Biasanyanya butter/ mentega yg baru keluar dr kulkas hrs didiamkan terlebih dahulu hingga mencapai suhu ruangan (kira2 20-25 derajat), baru kemudian dpt dikocok hingga lembut atau warnanya agak sedikit berubah.