Jumat, 29 Juni 2007

Martabak Simpel ala Ida



Kue ini rasanya cukup enak dan cara membuatnya juga sangat mudah. Cocok utk acara ngemil di pagi atau sore hari. Saya sdh mencoba membuatnya beberapa kali, seratnya mirip dgn kue martabak. Tentu saja serat martabak ini tdk sama dgn martabak abang² dipinggir jalan krn bahan dan peralatannya juga sdh berbeda. Berhubung saya tinggalnya jauh dari tanah air, jadi istilah "tdk ada rotan akarpun jadi" harus diterapkan.

Bahan:
130 gr Tepung Terigu
70 gr Gula Pasir
1/2 sdt Fermifan/ Ragi Instant
sedikit Garam (seujung pisau)
180 ml Susu cair, hangatkan di microwave
1 btr Telur uk sedang
15-20 gr Mentega, cairkan
1/8 sdt Soda kue (kira² seujung pisau, jgn byk² ya...nanti kuenya bau Soda)

Isi : Keju parut, kacang cincang serta coklat meses.

Cara Membuat:
1. Campur Tepung, gula, garam dan ragi, aduk rata. Masukkan susu cair aduk dgn menggunakan kocokan kawat, hingga tdk ada adonan yg menggumpal. Lalu masukkan mentega cair, aduk rata. Taruh tempat yg hangat, biarkan selama 30 menit hingga agak mengembang.
2. Masukkan telur dan soda kue, aduk rata, biarkan lagi selama 30 menit atau lebih. Jika sdh mengembang adonan siap utk dipanggang.
3. Panaskan wajan kecil dgn api sedang, olesi mentega. Tuang adonan, biarkan hingga keluar busa, putar² sebentar setelah itu bisa anda taburi dgn isi yg anda sukai, keju atau kacang dgn meses.Tutup sebentar sampai adonan matang.
4. Angkat, tekuk adonan yg sdh matang, olesi sedikit bagian luarnya dgn mentega. Siap utk dinikmati, cocok sbg teman minum teh atau kopi.


Porsi: 3 buah Kue ( di panggang dgn wajan uk 20 cm )

1 komentar:

chika mengatakan...

Mba Ida Yth...
saya Neny Chika resep2nya ok tuh..nanya mba kalau aku buat cake kadang kurang ngembang kenapa ya...gatot banget sih engga mba...n satu pertanyaan lagi pernah tingal di senopati ya...? aku juga aku senopati raya samping asrama putri ... sekolah dimana dulu sdnya mba or smp, sma mungkin sama thanks ya...salam cu. Chika