Minggu, 01 Juni 2008

Es Cendol


Entah kenapa saya ingin sekali makan es cendol, apalagi cuaca akhir² ini mulai agak panas. Kebetulan waktu main ke asia shop saya melihat sekotak buah nangka segar, sayangnya saya tdk menemukan daun pandan. Bahan lainnya sudah tersedia dirumah. Utk cetakan saya gunakan alat metal tua milik ibu mertua. Walaupun tdk memakai daun pandan tetapi rasa es ini sangat enak, apalagi dgn aroma saus gula merah dari Medan yg diberi potongan Nangka....suerrr.....benar² lecker bow. Resep asli saya ambil dari dapur bunda tetapi saya memasak dgn cara biasa dan berhubung tdk memakai air daun suji+pandan jadi volume air saya tambahkan. Utk saus anda bebas utk membuatnya tergantung kadar manis gulanya, bisa mengikuti resep saya atau yg asli.


Bahan:
125 gr tepung beras

50 gr tepung sagu
525 ml air

2 sdm air kapur sirih yg sdh diendapkan

sedikit garam

1 sdt pewarna hijau aroma pandan (atau sesuai selera)

Es batu dan air sebagai wadah cendol

Cara membuat:
1. Campur semua bahan, aduk rata. Masak dgn api sedang hingga mengental.
2. Campur air dan es batu didlm baskom, siapkan cetakan cendol. Adonan cendol siap utk dicetak.
Saus:
200 gr gula merah ( saya pakai 250 gr + 1 sdm gula pasir)

100 ml air ( saya pakai 200 ml )

500 ml santan ( saya pakai 300 ml )
sedikit garam ( optional )
buah nangka secukupnya


Cara membuat:

1. Masak gula dan air hingga mendidih, saring. Setelah itu masukkan potongan nangka. Dinginkan.

2. Masak santan dan garam hingga mendidih dgn api sedang. Dinginkan.




Tidak ada komentar: