Minggu, 08 Juni 2008

Chicken Pakhi Biryani ala Ida


Akhir bulan kemarin dikota tempat tinggal saya diadakan pesta budaya. Pesta ini menampilkan tarian, musik dan masakan dari beberapa negara atau kota yg mempunyai hubungan persahabatan dgn kota kami. Dari negara asia diwakilkan oleh thailand, philipina, india dan pakistan. Waktu itu saya sedang melewati kios masakan pakistan dan mencium aroma khas asia yg sangat harum. Saya lihat ada banyak org yg antri didepan kios ini dan memutuskan utk masuk kedlm antrian. Saya ingin mencoba nasi Biryani dan chicken Tandoori. Rasa nasinya enak tetapi sayangnya nasi dan ayam disajikan dlm kondisi tdk hangat ( lilin pemanasnya mati tertiup angin).


Krn penasaran akhirnya saya surfing mencari resep nasi Biryani ini. Ternyata ada banyak jenis resep dan cara membuatnya, mulai dari yg agak sulit hingga yg spt-nya terlihat mudah utk diikuti. Sampai akhirnya saya landas di
"youtube" dan melihat video pembuatan resep chicken pakhi biryani dari websitenya Pak Vah (klik youtube). Sepertinya terlihat mudah dan membuat saya penasaran utk mencobanya. Berhubung saya tdk mempunyai bumbu² yg lengkap spt yg dianjurkan, saya mencoba utk memodifikasinya. Ingat kata pepatah : tdk ada rotan, akarpun jadi. Rasa nasi ini cukup enak, tetapi belum menyamai nasi biryani yg saya makan di pesta budaya yg lalu.

Bahan:
8 potong paha ayam
1 sdt garam masala
1 sdt garam
350 gr beras basmati, cuci bersih

Bumbu:
2-3 bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, ulek halus
3 cm jahe, ulek halus
1 sdm garam masala
1 sdt kunyit bubuk (bisa lebih jika suka)
1 sdm paprika bubuk (bisa dicampur dgn yg pedas)
1 sdm ketumbar bubuk
400 ml yoghurt (cari yg rasanya enak )
1 sdt air jeruk nipis
5 buah cabai hijau, potong² (saya tdk pakai)
2 butir buah plum kering, potong² ato bisa pakai kismis
2 sdm minyak utk menumis
segenggam daun ketumbar dan mint, iris² (saya pakai daun seledri)
2-3 sdm bawang goreng
sedikit pewarna, bisa safran ato kunyit bubuk

Cara membuat:
1. Bersihkan paha ayam, beri garam dan garam masala. Sisihkan selama 1 jam (lebih baik jika agak lama).
2. Tumis
bawang bombay, masukkan bawang putih dan jahe, masak hingga harum.
3. Masukkan ayam, aduk² dan masak sebentar hingga pori² ayam menutup. Lalu kecilkan api.

4. Tuang yoghurt serta bumbu halus/bubuk serta buah plum. Aduk sebentar dan tutup wajan. Masak dgn api kecil hingga matang. Jgn lupa cicipi, apakah rasa sdh ok.
5. Sementara itu masak air hingga mendidih. Masukkan sedikit minyak dan garam. Tuang beras ke dlmnya, masak hingga 1/2 matang.
6. Tahap terakhir adalah pematangan nasi. Anda bisa mengikuti cara spt di youtube atau bisa juga dikukus atau di masukkan ke dlm microwave.
Cara penyusunan nasi sbb:
- Ambil sebagian ayam beserta kuahnya. Sisihkan.
- Tuang sebagian nasi. Taburi dgn bawang goreng dan irisan daun ketumbar dan mint. Tuang sedikit air yg sdh diberi pewarna (safran ato kunyit) diatasnya.
- Letakkan sisa ayam, kemudian tutup dgn nasi yg tersisa. Beri taburan bawang goreng, irisan daun dan sedikit air pewarna. Tuang sisa kuah ayam diatasnya. Nasi siap utk di panggang (hrs benar² tertutup), dikukus atau di microwave.




Tidak ada komentar: