Selasa, 17 Juni 2008

Tiramisu Strawberry (tanpa telur)


Siapa yang tidak kenal dessert yang bernama tiramisu ....??? yang rasanya lembut, enak dan bertaburkan coklat bubuk. Boleh² aja sih ya tiramisu menjadi dessert favorit anda, tapi hati²....makannya jangan sampai over krn mengandung banyak lemak dan kolesterol. Makanya kali ini saya mencoba membuat tiramisu tanpa telur dan whippedcream kocok. Sebagai gantinya saya menggunakan buah strawberry serta yoghurt kental hanya saja yoghurt ini perlu disaring dgn kain Linen( spt bahan utk mengelap didapur) dan digantung utk beberapa lama, maksudnya utk mengurangi jumlah air yg ada didlmnya. Rasanya tidak kalah enak kok dgn tiramisu yg asli. Selain itu cocok dimakan oleh anak² krn tdk menggunakan air kopi serta mengandung sedikit lemak.


Berhubung tiramisu yg ini bisa dibilang agak cair (krn memakai buah yg dilender), oleh krn itu saya menggunakan bubuk agartin spy tiramisu ini bisa agak berdiri. Saya menggunakan agartin krn disini tdk ada gelatin yg halal. Jika tdk suka dgn coklat bubuk, tiramisu bisa diberi saus dari buah strawberry yg diblender.

Bahan:

400 gr strawberry segar atau 300 gr yg beku
80-90 gr gula halus

1-2 sdm air jeruk Lemon
250 gr keju mascarpone
250 gr yoghurt

biskuit lady finger

1 bungkus agartin atau bbrp helai gelatin rendam di air.


Cara membuat :

1. Campur agartin dgn 100 ml air, masak hingga mendidih. Sisihkan.
2. Blender buah strawberry hingga halus, masukkan gula dan air jeruk, aduk rata.
3. Campur agartin dgn buah strawberry, aduk rata.
4. Campur mascarpone dan quark. Aduk rata. Kemudian masukkan adonan buah strawberry. Aduk rata.
5. Susun biskuit diloyang. Jika suka bisa diolesi air kopi sedikit. Setelah itu tuang adonan tiramisu. Biarkan didlm lemari pendingin selama 3-4 jam atau lebih. Alangkah baiknya jika dibuat sore-malam hari dan didiamkan semalam dilemari pendingin.





3 komentar:

shayndel mengatakan...

Beautiful photos.

caroline mengatakan...

Mbak Ida...
Saya jd pengen nyoba tiramisu yg rendah lemak ini. Boleh tanya bbrp hal?
Keju mascarpone, apa bedanya dgn keju2 yg lain? Beli di TBK apa ada? Kl ngga ada bisa diganti keju apa?
Lalu kl pakai gelatin, juga direbus dgn 100 ml air mbak?
Semisal yoghurtnya tdk disaring tp ditmbh jumlah gelatinnya gitu ngga bs ya mbak?
Hehehe... Maaf jd byk bertanya..

Unknown mengatakan...

Hallo mbak Olin,
keju mascarpone itu termasuk jenis keju lembek, hampir sama dgn cream cheese tp teksturnya lebih lembut dan rasanya netral. Menurut wikipedia, mascarpone itu dibuat dari whipped cream cair yg diberi perasan air jeruk lemon atau vinaigrette. Mascarpone biasanya dpt dibeli di supermarket besar atau TBK kok. Jika tdk ada mungkin dpt diganti dgn cream cheese hanya saja mungkin nanti akan ada rasa samar² asin (krn di cream cheese biasanya diberi garam). Utk gelatin bubuk, biasanya diberi air panas, aduk hingga bening dan kental atau ikuti aturan yg tertulis dibungkusnya. Kalau utk gelatin lembaran, cukup direndam di air dingin hingga lembek, lalu disaring, hasilnya dpt di-tim. Jika yoghurt tdk disaring, berarti jumlah cairannya tambah banyak dunk, kalau yg ini saya belum pernah mencoba, tp silahkan saja. Semoga percobaannya sukses yaaaa...