Minggu, 22 Juni 2008

Lapis Legit-Keju Putih telur


Waktu ibu mertua membuat kue minggu yg lalu ternyata menyisakan banyak putih telur. Rasanya sayang utk dibuang begitu saja, lalu saya ambil putih telur ini. Setelah surfing beberapa lama, saya mencoba utk mempraktikan resep yg saya ambil dari sebuah blog ( maaf saya lupa mencatatnya) dimana resep asli berasal dari Ibu atau Teteh Uceu.



Ide resep utk memanfaatkan putih telur ini cukup menarik. Menurut saya tekstur kue ini agak mirip omelet, rasanya agak manis-asin mungkin krn ada parutan kejunya. Dari aroma serta rasa, tdk ada hubungannya dgn lapis legit yg asli krn tdk memakai bumbu spekuk. Menurut saya rasa kue ini cukup lumayan, hanya saja bukan kesukaan saya. Mungkin bagi pecinta putih telur kue ini patut dicoba.

Bahan:
600 ml putih telur
1 1/2 sdt cream of Tartar
150 gr Butter
100 gr gula halus
200 ml Susu kental manis
100 gr tepung terigu
1/4 sdt garam
50 gr keju cheedar parut (utk campuran adonan)
50 gr keju edam (utk campuran adonan)
50 gr keju edam parut ( utk taburan)

Cara membuat:
1. Kocok butter dan gula halus sampai putih mengembang. Lalu masukkan susu kental manis, kocok rata. Setelah itu tepung terigu dan garam, aduk rata. Matikan mixer.
2. Masukkan parutan keju cheddar dan edam ke dalam adonan, aduk rata. Sisihkan.
3. Kocok terpisah 200 ml putih telur dan 1/3 bag cream of Tartar sampai putih dan kaku. Kemudian masukkan 1/3 adonan butter-keju. Aduk rata dan perlahan.
4. Panaskan oven dgn api atas kira² 180°c. Tuang 2 sdm adonan. Panggang hingga coklat. Tuang lagi 1-2 sdm adonan, beri parutan keju. Panggang hingga kecoklatan.
5. Ulangi hingga adonan habis.
6. Kocok kembali 200 ml putih telur dan cram of tartar, campur dgn adonan butter-keju. Ulangi seperti keterangan diatas.

Catt:
Pengocokan putih telur tdk dilakukan sekaligus maksudnya adalah untuk menghindari mencairnya adonan putih telur yg sudah naik/kaku, sehingga adonan menjadi tidak bantat.



2 komentar:

Hardiono Handoko mengatakan...

Hmm nyummy, sepertinya kalau melihat gambar -gambar yang ada membuat perut menjadi lapar dan ingin membelinya, kalau ada, bisakah pesan beberapa portion?
Pabrik Gula Mini

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo bpk Hardiono,
maaf pak, saya tidak menerima pesanan. sebenarnya cara membuat kue ini cukup mudah, hanya butuh kesabaran saja.