Sabtu, 14 Juni 2008

Telur Tersembunyi


Setelah cukup lama tidak mengkonsumsi daging sapi, saya mencoba utk membuka kumpulan resep² dari buku Yasaboga yg menampilkan masakan dgn daging. Kali ini saya tertarik utk mempraktikan resep telur tersembunyi. Resep ini agak mirip dgn resep perkedel daging yg biasa saya buat. Sebelumnya telur saya rebus ala pindang telur, maksudnya adalah supaya aroma dan rasa telur lebih menarik.


Bahan:
5 butir telur rebus, kupas, buat goresan
350 gr daging cincang (bisa lebih)

2 lembar roti tawar, rendam di air lalu diperas
1/2 sdt pala bubuk (bisa lebih)

1 sdt merica bubuk (bisa lebih)

1 sdt peres saus mustrad dijon ( saya)
1/2 - 1 sdt bumbu steak bubuk (saya)
1/2 sdt garam
2 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
tepung panir

Saus:

1 buah bawang bombay, cincang halus

1 siung bawang putih (saya tdk pakai)
3 sdm saus tomat (bisa lebih)

1 sdt munjung pasta tomat (saya)

1 cabai merah besar, buang bijinya, iris serong ( saya)
1 sdm kecap manis
1 sdm margarin utk menumis
200 cc kaldu sapi

garam dan lada secukupnya


Cara membuat:
1. Campur bahan daging beserta bumbu²nya serta roti yg sdh diperas, aduk rata. Setelah itu masukkan kuning telur. Jika ing tahu apakah rasa garam sdh cukup, tes dgn menggoreng sejumput adonan.

2. Bungkus setiap telur dgn adonan daging giling. Setelah itu masukkan ke dlm kocokan putih telur lalu gulingkan ke dlm tepung panir. Goreng hingga kuning kecoklatan.
3. Panaskan wajan, tumis bawnag bombay dan bawang putih dgn margarin hingga harum. Masukkan pasta tomat dan cabai merah, aduk² sebentar.
4. Tuang saus tomat dan kecap, lalu disusul dgn air kaldu. Masak hingga agak kental. Cicipi apakah rasa saus sdh ok.




Tidak ada komentar: