Kamis, 05 Juni 2008

Pepes Ikan bumbu tumis


Waktu ke Supermarket kemarin saya melihat di kios ikan ada banyak barang yg segar, lalu saya membeli rotbarsch yg masih satu keluarga dgn red-snapper utk uwe. Utk saya sendiri seekor ikan forelle serta ikan mackarel. Ikan Forelle saya goreng sederhana saja, kalau org sini menyebutnya dgn "mülerin- art" ato klo org P'cis bilang " à la meunière" . Dibumbui dgn rempah yg kita suka, kemudian didiamkan sebentar. Sebelum digoreng, gulingkan ikan ditepung terigu. Gorengnya menggunakan butter jika hampir matang bisa diberi potongan kacang almond. Dimakannya bersama ketang rebus yg diberi daun peterselie.
Truz kalo ikan mackarel akan saya pepes. Sebenarnya dahulu saya pernah membuat pepes ikan tetapi saya kurang suka dgn aromanya. Kali ini saya mencoba utk meracik bumbu sendiri, nanti bumbu tersebut akan saya tumis sebelum dipepes. Sengaja bumbu saya buat agak banyak. Ternyata rasa dan aromanya justru menjadi enak, saya aja makannya nambah loh.



Bahan:
500 gr ikan mackarel atau yg anda suka

15-18 siung bawang merah, klo tdk ada 2 bawang bombay

1-2 siung bawang putih

3-5 kemiri

2-3 cabe merah besar, buang bijinya, iris

1 butir tomat, cari yg ranum, potong²
1-2 batang serai, ambil bag putih, potong kecil²
2 cm jahe, kupas kulitnya
1-2 iris lengkuas
1 sdt peres kunyit bubuk
2 sdm minyak utk menumis
garam dan gula secukupnya

segenggam daun kemangi

daun pisang utk membungkus

Cara membuat:

1. Bersihkan ikan, potong sebesar yg anda suka. Kerat di bbrp bagian. Beri air jeruk lemon atau nipis, taburi dgn garam dan lada, sisihkan selama 1 jam.

2. Blender halus semua bumbu kecuali lengkuas dan daun kemangi. Jika bumbu terlihat agak kering, beri sedikit air.

3. Panaskan wajan, beri minyak. Tumis bumbu bersama lengkuas hingga harum. Masukkan garam dan gula, cicipi apakah sdh sesuai selera. Matikan api dan dinginkan.

4. Siapkan daun pisang, beri bumbu pepes diatasnya dan taburi dgn daun kemangi. Letakkan ikan, olesi bag perut dan atasnya dgn bumbu dan daun kemangi.
5. Kukus ikan selama 20-30 menit atau hingga matang.
6. Setelah itu bisa dipanggang atau dimakan begitu saja bersama nasi panas.






Tidak ada komentar: