Rabu, 08 Agustus 2007

Bolu Gulung Kukus


Lagi² saya terserang virus dari genk 1001, makanya saya mencoba membuat kue yg satu ini. Ada cerita menarik saat ingin membuat kue ini, yaitu ternyata saya tdk punya loyang yg cocok ato pas dgn kukusan. So....otak harus diputar dan akhirnya ketemu deh jalan keluarnya, yaitu...saya memakai kaleng biskuit bekas yg kebetulan berbentuk kotak. So...oleh karena itu saya sarankan, ada baiknya anda jgn membuang kotak kue ato bekas biskuit seenaknya. Siapa tahu suatu saat bisa membantu anda, seperti kejadian yg saya alami hari ini.

Menurut saya rasa kue ini sangat enak, apalagi ditemani teh hangat atau kopi. Saya sdh membuatnya bbrp kali, soale enak siyy. Kue ini juga sdh dicoba oleh suami dan seorg tamu, dlm hitungan detik 6 potong kue mungil sdh hilang tanpa bekas.
Eh...ya, resep didapat dari NCC.

Bahan:
6 butir telur
250 gr gula pasir ( klo saya pakai 200 gr, sdh manis kok )
200 gr tepung terigu
1 sdt emulfisier
150 ml Santan
sedikit garam
sedikit aroma (vanili, pandan, coklat, dll)
sedikit pewarna

Isi:
- buttercreme plus meses ( jika tak ada meses, pakai dark chocolate yg dihancurkan atau disisir halus

- keju parut (kalau dgn keju, mentega dikocok tanpa gula)
- selai (strawberry, blueberry,dll ) . Tergantung selera anda.

Cara membuatnya:
1. Kocok telur hingga sedikit berbusa, kemudian masukkan gula serta garam. Kocok sebentar, masukkan pula emulfisier. Kocok hingga soft peak. Matikan mixer.
2. Lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata.
3. Masukkan santan, aduk hingga tercampur.
4. Adonan bisa anda bagi ke dalam bbrp warna dan aroma.
5. Kukus sampai matang. Angkat, balik kue dan gulung selagi masih hangat.
6. Kue siap utk diisi.

Tips:
- Jika hanya ingin mencoba, bikin saja 1/2 resep.
- Tuang adonan jangan terlalu tebal, supaya tdk sulit saat digulung.
- Dari 1 resep bisa jadi 5-6 loyang (uk 22x22 cm). Adonan dibagi menjadi 5-6 bagian dgn cara ditimbang, supaya nanti hasilnya sama besar.


2 komentar:

Mei mengatakan...

I tried to make this recipe which was perfect, but I wasn't succeed to role the cake:)
After three times broke the cake,then...I just put it on layer.
Good enough & everybody's happy.
Do you have any advice for rolling the cake?
I'm curious:)

Thanks for sharing & your link is one of my favorites blogs. Will try another cakes recipes in the weekend.

Warm Regards,

Mei Sastromihardjo

Unknown mengatakan...

Hallo Mei,

thank you for your time to visit my Blog and tried my recipe. After the cake cooked from the Steam, you should role the cake as soon as possible, let the cake in that position until cold. And the you can filling with Jam or buttercream. Let me know if you still have any question.