Sabtu, 25 Agustus 2007

Sambal Goreng Kreni/Printil


Kebetulan dikulkas ada daging giling. Tadinya mo dibikin sambal telur sembunyi tapi berhubung telur yg saya punya ukurannya besar², akhirnya itu daging saya buat sambal goreng Printil. Resep dasar diambil dari buku Yasaboga, tetapi karena saya lagi malez ngulek cabe, akhirnya saya pakai hanya cabe iris dan paprika bubuk plus pasta tomat (yg bentuknya sgt kental) utk menambah warna merah didlm saus. Rasanya lumayan enak kok.

Bahan:
500 gr daging cincang
1 butir telur, kocok sebentar
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
3 sdm mainyak utk menumis
5 buah cabai merah, iris serong lalu buang bijinya.
7 bawang merah, iris tipis ato cincang halus
1 buah tomat, cincang
500 cc Santan (klo saya, 1 kotak santan plus air kaldu sapi)
sedikit garam

Bumbu halus:
5 buah cabai merah, buang bijinya
3 buah bawang putih.
garam dan gula secukupnya

Cara membuat:
1. Campur daging cincang, telur dan garam. Buat bulatan² kecil spt kelereng. Letakkan diatas loyang yg sdh diolesi minyak, kukus sampai matang.
2. Tumis bawang merah sampai kuning, masukkan bumbu halus, salam lengkuas , cabai iris dan tomat. Aduk hingga agak layu, kemudian masukkan santan. Masak hingga mendidih sambil diaduk.
3.Masukkan daging yg sdh dikukus, masak dgn api kecil hingga kuahnya mengental dan sedikit berminyak. Siap utk dihidangkan.



Tidak ada komentar: