Minggu, 19 Agustus 2007

Sate Padang


Akhirnya kesampaian juga deh saya membuat sate Padang, sate yg bersaus kental dan berwarna kuning kemerahan. Jenis sate yg satu ini juga merupakan salah satu makanan kesukaan saya. Kalau lagi makan sate ini, saya jadi teringat Paman yg sdh almarhum, krn dari beliaulah saya mengenal sate ini. Kebetulan beliau berasal dari Ranah Minang, tepatnya dari daerah Pariaman. 
Resep saya ambil dari buku masakan Yasaboga. Rasanya cukup lumayan, walopun kurang menendang jika dibandingkan dgn sate yg asli Urang Awak. Tapi cukup menghibur bagi lidah dan perut saya yg saat ini berada ditanah rantau. Ada beberapa bumbu yg saya ganti atau terpaksa dihilangkan krn sulit utk mendptkannya, misalnya daun kunyit, kalau asam kandis saya ganti dgn asam jawa atau tamarin

Bahan:
200 gr Daging sandung lamur
800 gr Jeroan (saya tdk pakai )
2,5 L air
1 lmb daun kunyit
4 lembar daun jeruk purut
1 ptg asam kandis
50 gr tepung beras & 1 sdm tepung sagu utk setiap 500 cc sisa kaldu
bbrp tusuk sate (rendam didlm air bbrp menit spy tdk mudah terbakar saat dipanggang)
lontong dan bawang goreng utk taburan

Bumbu halus:
8 siung cabai merah (bisa dikuranggi dan buang bijinya jika rasa cabe terlalu pedas)
2 sdm ketumbar, disangrai
1 sdt merica bulat
1/4 sdt jintan, sangrai
6 siung bawang merah
1 sdt kunyit cincang
1 sdt jahe cincang
1/2 sdm lengkuas cincang
1-2 sdm minyak

Cara membuat:
1. Rebus daging dan jeroan sampai 1/2 matang, masukkan bumbu halus (klo saya ditumis dulu dgn sedikit minyak), daun jeruk, serai, daun kunyit dan asam kandis. Tambahkan air panas bila perlu. Rebus sampai daging lunak, cicipi apakah rasanya sdh ok. Keluarkan daging dan jeroan, potong sesuai selera.
2. Tusuk daging dgn tusukan sate dgn diselang-seling antara daging dan jeroan. Panggang sambil diolesi minyak sampai kering dan panas kembali.
3. Kentalkan sisa kuah dgn campuran tepung beras dan sagu yg sdh diencerkan dgn sedikit air. Masak hingga agak kental.
4.Hidangkan sate dgn ketupat atau lontong, tuang saus yg masih panas, lalu taburi dgn bawang goreng.

Tidak ada komentar: