Minggu, 12 Agustus 2007

Browkus Putih Telur


Weekend ini saya mencoba resep baru, yaitu kue Lapis Legit dan Browkus putih telur. Resep ini saya dapatkan dari Rita (teman genk 1001). Kebetulan waktu itu saya sedang mencari kumpulan resep kue lapis dan Rita mempunyai bukunya. Sayangnya kue Lapis Legit yg saya buat, penampakannya kurang memuaskan tetapi rasanya sudah cukup enak, ringan ( tdk eneg ) dan tidak terlalu manis. Suami saya sangat menyukainya (jelas aza lah Pak...wong isinya cuma kuning telur dan mentega).

Lalu sisa putih telur saya buat Browkus. Resep ini diambil dari buku Ny. Liem (resep kiriman Rita-terimakasih yah say). Rasanya yahud deh, nyoklat dan lembut sekali walopun hanya memakai putih telur.

Bahan:
750 ml putih telur
375 gr gula pasir
20 gr Emulfisier
275 gr Tepung terigu
75 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
1/2 sdt vanili
200 gr Dark Chocolate
250 ml Minyak goreng

Utk taburan tengah: 150 gr Dark chocolate ( di tim hingga cair) atau Meses

Cara membuat:
1. Campur minyak goreng dan dark chocolate, tim sampai coklat meleleh, aduk hingga rata. Sisihkan.
2. Campur tepung terigu, coklat bubuk, baking powder serta vanili, ayak halus supaya tdk ada bagian yg menggumpal.
3. Kocok putih telur hingga 1/2 mengembang, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil dikocok terus. Baru kemudian masukkan emulfisier, kocok hingga kental. Matikkan mixer.
4. Masukkan campuran tepung ke dlm adonan telur sedikit demi sedikit. Aduk rata dgn menggunakan spatula
5. Masukkan campuran minyak + coklat yg sdh didinginkan. Aduk rata.
6. Panaskan kukusan. Olesi loyang dgn margarine, taburi tepung.
7. Tuang sebagian adonan, kukus selama 15-20 menit.
8. Taburi coklat cair atau meses. Kemudian tuang sisa adonan diatasnya. Kukus selama 20-30 menit atau hingga matang.


Ah...ya, ini dia foto sisa kue Lapis Legit. Resepnya nanti aja yah kalau sudah dicoba lagi.



2 komentar:

maretha mengatakan...

mbak aku copy resepnya ke blog yah..
makasih, aku dah nyoba td siang..nyoklat banget n ga berasa putih telurny..tp kok kurang empuk yah?
thanks

Unknown mengatakan...

Hallo Maretha,

apakah Anda benar² memakai, mengukur dan mengikuti petunjuk dari resep ? krn dari pengalaman membuat browkus ini, tekstur kue saya selalu lembut. Kalau bisa jgn sampai lupa memakai emulfisier (spt yg tertulis di resep) krn bahan ini yg dpt membuat kue anda empuk. Mudah²an dipercobaan berikutnya kue anda akan sukses.

Terimakasih sdh mampir dan menulis comment.