Senin, 06 Agustus 2007

Sagu Keju


Resep ini saya ambil dari buku masakan NCC. Kebetulan waktu mudik kemarin saya sempat membeli beberapa kantung sagu dan buku masakan ini. Menurut saya, kuker ini cukup enak, kepyur (duuuh...bahasa Indo nya apa ya ??? ) dan juga mudah membuatnya. Waktu membuat kuker ini saya mengocoknya secara manual, tetapi anda dpt menggunakan mixer, pakai nomor terrendah. Ada beberapa bahan yg saya ubah jumlahnya, tetapi saya tetap menulis salinan resep yg asli.


Bahan:
300 gr tepung sagu (saya pakai 250 gr sagu, 50 gr maizena)
2 lembar daun pandan segar
100 gr margarine
150 gr gula halus (saya pakai 100 gr)
50 gr mentega (butter)
1 butir kuning telur (saya pakai uk besar, xl)
100 gr keju parut (saya pakai 150 gr)
50 ml santan kental (bisa santan dari kotak)
seujung pisau baking powder,dicampur ke dlm tepung (ini hanya sekedar tip dari saya)

Cara membuat:
1. Sangrai tepung dan daun pandan, hingga daun pandan mengering (gunakan api kecil). Sisihkan dan dinginkan.
2. Campur mentega dan margarin, kocok hingga putih dan lembut. Masukkan gula halus, kocok rata. Setelah itu masukkan kuning telur, kocok hingga mengembang.
3. Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diselingi keju parut. Aduk hingga rata.
4. Terakhir masukkan santan. Aduk rata, baru setelah itu adonan siap utk dicetak.
5. Panggang didlm oven 140-150 °c antara 20-25 menit (ini hasil pengamatan saya).





2 komentar:

hasanah mengatakan...

mbak, bisa nggak sagunya diganti tepung kanji? soalnya susah cari tepung sagu disini

Unknown mengatakan...

Hallo Ibu Hasanah,
sebelumnya mohon maaf kalau saya sgt telat menjawab krn dahulu setiap comment yg masuk tdk di moderatori jd saya tdk tahu kalau ada comment yg masuk.
Jwb an saya: setahu saya tepung kanji dan sagu adalah sama ( kalau salah mohon dokoreksi ) jadi tentu saja tepung kanji bisa dipakai.