Senin, 20 Agustus 2007

Manisan Kolang kaling


Sebenarnya sudah lama saya membeli kolang kaling dlm kaleng. Ceritanya waktu itu saya ingin membuat es campur, bahan lainnya seperti kelapa muda serta cincau hitam (juga dlm kaleng) sdh dibeli. Tetapi rupanya cuaca sering kali kurang mendukung alias suhu yg cukup dingin, sehingga saya tdk tertarik utk membuat sesuatu yg berbau es dan terasa dingin.
Entah gimana saya jadi tertarik utk membuat manisan ini. Biasanya dirumah mama, setiap menjelang hari Raya selalu tersedia manisan Kolang-kaling. Sebagai pewarna, mama selalu menggunakan sirup Marjan Coco Pandan. Berhubung saya tidka punya stok sirup Marjan, jadinya saya hanya memakai sirup gula, plus daun pandan dan pewarna. Lagi pula rasa Kolang kaling ini sdh cukup manis kok.
Bahan:
1 Kaleng Kolang kaling
350 ml air
150 gr gula pasir
1 lembar daun jeruk
3 lembar daun pandan
beberapa tetes pewarna
Cara membuat:
1. Cuci bersih kolang kaling beberapa kali (kalau perlu rendam sebentar), tiriskan.
2. Rebus gula, daun jeruk, daun pandan bersama air hingga mendidih, setelah itu masukkan pewarna. Masak hingga air tinggal setengahnya. Biarkan air hingga agak hangat.
3. Campur air gula dan Kolang-kaling, biarkan semalam (kalau bisa ditaruh ditempat yg sejuk)
4. Tiriskan kolang-kaling, ambil air gulanya. Panaskan hingga mendidih, sisihkan sampai suhu hangat. Masukkan kolang kaling. Masukkan ke dlm Kulkas. Siap utk dimakan.
5. Agar Kolang kaling tahan lama, lakukan cara diatas setiap hari.


Tidak ada komentar: