Sabtu, 15 September 2007

Biji Salak

Siapa yg tidak kenal dgn yg namanya Biji Salak ? Bagi sebagian besar penduduk Jakarta pasti mengenal nama kolak yg satu ini. Sejak jaman masih imut saya suka dgn kolak ini, terkadang mama suka membuatnya sendiri tp terkadang kita membeli dari tetangga yg suka berdagang bermacam kolak setiap bulan Puasa.

Sejak tinggal ditanah rantau, rasa²nya saya tidak pernah membuat kolak utk berbuka Puasa (eeeh...pernah deh, bikin bubur kacang hijau tp itu sudah lama sekali ). Biasanya saya hanya minum teh hangat ditemani dgn sesuatu yg terasa manis, misalnya kurma, kue bolu, buah²an dan sejenisnya. Lagi², resep saya ambil dari NCC



Sebagai informasi, ubi yg saya beli di toko asia bentuknya panjang, tidak bulat spt ubi di tanah air. Saat saya kukus, ubi mengeluarkan cairan bening dan kental spt madu (apakah ini ubi madu...?? ada nggak sih jenis ubi spt ini). Setelah kulit ubi saya bersihkan, saya biarkan ubi semalam didlm kulkas (dgn harapan tekstur ubi menjadi agak kering). Keesokan harinya, saya melihat cairan ini lagi didasar mangkuk, kira² ada 3 sdm. Aneh ya....lalu saya buang cairan tersebut.

Saat ubi saya haluskan dgn centong kayu, tekstur ubi terlihat sgt lembek. Menurut resep, saya hanya membutuhkan 3 sdm sagu. Tetapi krn teksur ubi yg amat sgt lembek, saya membutuhkan banyak sagu dan terigu. Walaupun demikian tetap saja adonan lembek dan tdk bisa dipulung dgn tangan. Mau tdk mau saya hrs menggunakan 2 sendok teh utk membentuk adonan. Pertama saya rebus adonan dgn air putih hingga 1/2 matang, lalu saya masukkan ke dlm cairan gula merah dan direbus hingga matang. Ini maksudnya utk menghindari agar saus gula tdk kotor. Cukup membutuhkan kesabaran utk membuat kolak yg satu ini, maklum adonan ubi yg satu ini agak aneh.

Ah...ya, kebetulan wkt mudik kemarin saya dibekali gula merah yg sangat bagus, berasal dari Brastagi. Saat saya merebus gula merah ini bersama daun pandan, tercium aroma wangi, mirip aroma Bajigur....waduuuh....jadi terkenang saat masih tinggal di Senopati, dimana setiap sore saya dan bbrp teman suka menunggu abang Bajigur.



1 komentar:

linae mengatakan...

sama ngga sih biji salak dengan bubur candil? ato kalo di jkt namanya biji salak trus di 'jawa' itu bubur candil?
eh iya, emang aneh ya ubi sini 'mblenyek' kalo direbus, hiks...