Kamis, 13 September 2007

Klepon


Sudah lama saya ingin mencoba bikin kue yg satu ini. Padahal saat sebelum mudik yg lalu saya berniat utk mencoba Klepon dari Mon Ami. Entah kenapa Klepon dari Bakeri yg satu ini rasanya special, aroma daun suji dan pandannya terasa sekali dan saat dimakan langsung meleleh dilidah tanpa perlu tenaga utk mengunyahnya. Sayang beribu sayang, keinginan saya itu tdk kesampaian.

Akhirnya setelah berhasil medptkan kapur sirih made in India (asal tahu aja, di kota saya agak sulit utk mendptkan kapur sirih), tepung ketan dan tepung beras, saya coba membuatnya deh. Sayang, saya tdk punya bahan alami spt warna hijau daun suji serta kelapa parut segar. Mau tdk mau saya pakai pewarna hijau buatan dan kelapa kering yg dibasahi air dan dikukus.

Resep Klepon saya ambil dari NCC, tetapi ada yg saya tdk mengerti dgn perbandingan resep antara air dan tepung, seperti ada yg kurang pas. Akhirnya saya memakai air antara 200-230 ml utk dicampur kedlm tepung. Saat mengisi irisan gula merah ke dlm adonan dan memulungnya kitapun hrs agak berhati². Alhasil rasa kue ini cukup lumayan, mungkin kalau memakai pewarna asli daun suji serta kelapa parut segar, rasanya menjadi lebih ok....

Ps:
Blog-nya Pak Budi sdh bisa posting lagi. Disana ada resep Klepon yg sptnya cukup menarik. Insya Allah, lain kali akan saya coba deh.


2 komentar:

olalala mengatakan...

bahasa jermannya kapur sirih apaan ya mbak --.--

Unknown mengatakan...

Hallo...,
saya juga tdk tahu ttp kalo bhs inggrisnya: Lime paste. Biasanya sih ini produk dari India, bisa kita temukan Asia shop. Coba deh kamu tanya di asia shop dikota kamu, mudah²an ketemu yah.