Senin, 24 September 2007

Tongseng Kilat


Kali ini saya mencoba membuat Tongseng, masakan yang katanya berasal dari daerah Solo. Resep dasar saya ambil dari Yasaboga yg menurut saya resepnya amat sangat praktis, saya hanya menambahkan bbrp macam bumbu saja. Rasanya cukup enak jika anda biarkan 1 malam terlebih dahulu supaya aroma dan bumbu bisa meresap ke dlm daging.

Bahan:
500 gr daging kambing, potong².
2-3 cabai merah, iris serong, buang bijinya
5 siung bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1/2 sdt merica bubuk
2-3 sdm kecap manis (pakai sedikit dahulu jika tdk suka manis)
1/2 sdt paprika bubuk
700 ml air (kaldu sapi)
2 sdm minyak utk menumis
garam dan gula secukupnya
1 sdt rempah yg sdh jadi merk Fuchs (optional - foto ada dibawah )
3 lembar daun kol, buang tulangnya, iris² sesuai selera
1-2 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:
1. Tumis, bawang merah setengah matang, masukkan bawang putih, aduk hingga harum.
2. Setelah itu masukkan cabai merah dan diikuti dgn daging. Aduk rata, masak sebentar.
3. Taburi garam, merica, rempah yg sdh jadi, paprika bubuk dan kecap. Setelah itu tuang air kaldu, masak dgn api kecil hingga daging empuk.
4. Cicipi apakah sdh sesuai dgn selera. Diamkan Tongseng semalam. Jika ingin dimakan, panaskan baru kemudian ditaburi irisan kol dan beberapa tetes air jeruk nipis.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam. Saya Rosmah. Saya nak tahu, serbuk tongseng tu, serbuk apa ya?

-Rose
Shima7us@yahoo.com