Sabtu, 01 September 2007

Brownies Panggang


Resep ini saya dapat dari blognya Pak Budi. Kebetulan waktu itu saya sedang surfing resep Brownies Panggang. Dilihat dari silsilah Pak Budi yg punya latar belakang Boga dan Kuliner (beliau ini sdh menghasilkan banyak buku masakan loh), lalu saya memutuskan utk mencoba salah satu resepnya . Beneran deh...ternyata rasa Brownies ini uenak dan cukup moist, nggak keras dan tdk banyak remah spt kebanyakan resep brownies lainnya.  Cara membuatnya juga cukup mudah dan cepat. Anda tertarik utk mencobanya....

Bahan:
3 butir telur (saya pakai uk. xl)
150 gr gula pasir (jika kurang suka manis, gula bisa dikurangi sedikit saja)
120 gr tepung terigu atau (100 gr terigu + 20 gr coklat bubuk )
180 gr margarin
200 gr Dark Chocolate (saya hanya pakai 150 gr krn stok dirumah cuma ada segitu)
1/2 sdt garam
60 gr kacang almond utk hiasan
seujung pisau baking powder ( optional, sekedar tips dari saya )
2 sdm Kismis, potong² dan gulingkan ditepung/coklat bubuk trus diayak spy tepung merata ( optional, sekedar tips dari saya )
seujung pisau bumbu spekuk atau bubuk rempah lainnya ( optional, sekedar tips dari saya tp aroma ini sgt membantu rasa dan aroma kue )

Cara membuat:
1. Campur margarine dan coklat, tim hingga cair dan tercampur rata. Sisihkan hingga dingin.
2. Campur tepung, coklat bubuk, baking powder serta bumbu spekuk. Taruh diayakan atau diayak.
3. Kocok telur dan gula sampai kental dan mengembang (warna pucat)
4. Tuang campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk balik hingga rata.
5. Masukkan garam, lalu coklat cair sedikit demi sedikit, aduk rata.
6. Terakhir masukkan kismis, aduk rata.
7. Tuang adonan ke dlm loyang uk 24x24 yg sdh di olesi minyak dan dialasi kertas roti atau bisa juga di olesi mentega dan taburan tepung. Sesudah itu taburi dgn kacang almond.
8. Panggang didlm oven dgn suhu 150-170°c (tergantung oven anda) selama 20-30 menit.


Ps: Krn saya hanya punya loyang uk 26x26, makanya Brownies saya terlihat tdk tinggi, tp rasanya euy....ngeunah. Pfssstttt.......kemarin tetangga saya meminta resep Brownies ini, rupanya dia sempat diberi sepotong oleh mutti. Truuuz, ini berita terbaru, seorg tante yg datang dari amrik juga meminta resep brownies yg satu ini setelah saya buatkan 1 loyang saat beliau berkunjung kemari.



8 komentar:

Budi Sutomo, S.Pd mengatakan...

wah senangnya resepku di cobain, mau dong cobain?

visky mengatakan...

mba ,aku nyobain brownies ini td pagi.tp aku pake coklat masaknya merek chocolata harganya 16rb 250gr,tp yg milk chocolate,udah gtu ga pake cocoa powder soalnya lupa beli
dan rasa coklatnya kurang nampol,padahal tekstur udah oke dan pas di gigit pas,cuma sayang ni ah salah milih coklat masaknya T_____T
Paling enak coklat masak apa ya mba ya?hehe

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo Visky,
jika kamu ingin membuat kue brownies, sebaiknya kamu pilih dark chocolate jgn milk chocolate krn jumlah kandungna coklatnya yg berbeda.
Kalau mengenai merk coklat, aduuuh..ini kan tergantung selera yah, kyk nya produk luar lebih bagus sih, misalnya valhorna ato lindt. Tp ada baiknya kamu coba tanya ke TBK aja, biasanya mereka tahu kok.

Fikrisu mengatakan...

Nice article....sangat inspiratif. Good luck and salam kenal yach sob...by info mesin rotik and salam kenal yach sob...by info mesin roti

Anonim mengatakan...

mbak, saya mau nanya, kenapa ya kalo saya bikin brownies permukaannya ga pernah mulus selalu mumbul dan pecah?

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo Sis,
klo cepat mumbul dan pecah², bisa jadi sang oven terlalu panas. Coba suhu oven diturunkan sedikit, semoga dilain kesempatan browniesnnya bisa mulus kembali.

sundari mengatakan...

Mba itu margarin atau mentega ya.?soalnya kemaren aku aku searching mentega dan margrin itu beda?mhn penjelasannya,mksh sebelumnya dn salam kenal

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo mbak Sundari,
salam kenal juga ya mbak, disini mbak bisa memakai kedua jenis, bisa pakai mentega atau margarine, tergantung selera masing2. Mentega terbuat dari susu, mungkin nama lainnya butter. Kalau margarine terbuat dari lemak nabati. smoga sukses yaaa...