Selasa, 04 September 2007

Kastengels


Kebetulan saya masih punya sepotong keju Cheddar, sayang kalau tidak dipakai dan dibiarkan begitu saja. Setelah timbang sana-sini mo dibikin apa, akhirnya saya putuskan utk membuat Kastengels saja. Sudah cukup lama saya tidak membuat kuker yg satu ini, mungkin lebih dari 10 tahun. Saya mempunyai koleksi beberapa resep Kastengels tapi kali ini saya akan mencoba resep dari Blognya Pak Budi (Kastengels rasa Ayam) ttp saya hilangkan rasa ayamnya dan menambahkan jumlah keju parutnya.

Saat sedang memulung adonan, mutti (mertua) datang ke dapur dan mencomot adonan mentah, lalu memakannya. Saya itu sebenarnya paling alergi deh kalo ada org makan adoan kue yg blom dipanggang krn disana ada telur mentahnya, takut dgn bakteri salmonela. Saat memakan adonan mentah itu mutti berkata " ouuuuu...leckerrrr, i will be back again if your cookies ready.....", kemudian beliau pergi menuju kebun.

Saat saya selesai membakar kue loyang pertama, beliau mencomot 1-2 potong dan memakannya, komentar beliau "wooowww......this cookies has agreat taste...". Truz beliau memasak air utk membuat teh dan bertanya boleh ambil berapa potong kue ini sbg teman minum teh sore itu. Tentu saja saya senang dan mengizinkan beliau utk mengambil sesukanya. Ternyata beliau mengambil dlm 2 babak yg kalau ditotal ada lebih dari 12 potong. Wah....senang deh rasanya kalo bisa membahagiakan org lain dgn hasil karya sendiri.
Bahan:
225 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
175 gr margarin (saya pakai butter, suhu ruangan)
2 butir kuning telur uk besar
100 gr keju Cheddar, parut ( saya pakai 125 gr)
1/2 sdt garam
seujung baking powder (sekedar tips saya)

Olesan:
1 kunign telur uk besar
1 sdt susu segar cair atau bisa whipped cream cair

Cara membuat:
1. Tuang terigu, maizena, garam, baking powder dan keju parut. aduk rata, dapat dengan sendok kayu atau mixer spiral.
2. Masukkan butter/margarin, aduk sebentar dengan cara seperti memotong² dgn menggunakan pisau, setelah itu aduk rata dengan mixer spiral.
3. Terakhir masukkan kuning telur, aduk rata. Adonan siap untuk dipanggang atau dpt diletakkan didlm kulkas jika ingin dipanggangnya nanti saja.
4. Bentuk dan gling adonan sebesar jari kelingking (adonan nanti akan sedikit mengembang krn ada baking powdernya), potong² sepanjang yang anda inginkan. Dapat dipipihkan sedikit atau tdk, lalu olesi dengan kuning telur dan dihias dengan parutan keju. Panggang dalam oven dgn suhu 150-160°c hingga kuning kecoklatan atau hingga matang (saya tdk menulis berapa lama waktu membakar krn tergantung besar kecilnya adonan).




19 komentar:

Anita Avianty mengatakan...

Coba sesekali si mertua juga difoto saat sedang menikmati kastengles Mbak Ida, pasti seru kali ya mimik wajahnya. Bravo Mbak Ida yang makin rajin aja bikin kue.

Dinda mengatakan...

wow da ... aku pengen juga coba bikin .. ntar sesekali pengen juga pas natal bikinin gurunya anak2.. oya keju nya merk apa ya da.. soalnya beda merk keju suka beda rasa siy

tika mengatakan...

salam kenal...aku dah coba resep kastenglesnya mbak Ida..hmm..yummy..thx ya mbak..
msh boleh nyontek resep yg laen khan..he he

Anonim mengatakan...

salam kenal...thx dah boleh nyontek

Tee Ka mengatakan...

salam kenal..
makasih y mbak aku dah boleh nyontek resep ini..hmm yummy...
msh boleh nyontek lg khan..he he

Sansta mengatakan...

Thks Mbak...krn pas gak punya chedar aku ganti sama Edam..!Enak bgt Mbak..lmyn obat kangen Indo.

amanda.gianina mengatakan...

aku mau tanya dong. pake orchid butter enak kan ya? trus orchid butternya yg plain/salt?

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

to amanda: tentu aja bisa pakai orchid butter, jika butternya sdh salty nanti adonannya jgn diberi garam lagi. 'met mencoba ya....

ratna mengatakan...

salam kenal..mudah-mudahan aku bs coba resepnya.trims ya...aku tunggu resep2nya yg lain.

ayudya yuliman mengatakan...

Salam kenal mbak...

Aku ngintip resep kastengelnya lsg aku cobain
lsg berhasil mbak, padahal cuman pake terigu + keju + mentega bukan merek unggulan
besok2 kalo bikin pake yg merek unggulan lbh mantep kali yaaa...
thx ya mbak ida...

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo mbak Ayudya,
terimakasih sdh mampir, syukur mbak kalau hasil percobaan Kastengelnya berhasil.

Samsiah mengatakan...

salam kenal mba ida. Udah lama ngintip-ngintip blog-nya mba ida, tapi baru bikin blog sekarang dan bisa kasih komen... pokoknya klo mba ida yg bikin resep, aku percaya deh pasti enak :)

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo mbak Samsiah,
terimakasih sdh mampir dan menulis comment.Syukur.... kalau resep saya sesuai dgn selera mbak.

Anonim mengatakan...

Mba Ida, thanks for the recipe ya. Enak sekali. Sekali nyoba, susah berhenti makannya. regards, Tia Ecclestone

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo Tia,
salam kenal. maaf kalau akhirnya kamu terjangkit virus Kaastengels. Senang kalau resep saya cocok dgn selera kamu. Thanks sdh mampir...

Dhin2 mengatakan...

salam kenal. saya nyontek resepnya ya bu, sepertinya mudah. itu kejunya pakai yang cheddar biasa ada di toko itu tidak apa2 kan ya, tidak harus pakai yang gouda? makasih buat ilmunya, pasti saya coba resepnya.

salam, Dhin.

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo ibu Dhin²,
membuat Kaastengel bisa dengan keju cheddar biasa kok bu Dhin2. Sekedar info, cheddar itu keju dari negara Irlandia, kalau Gouda dari Belanda. Jika ingin membuat kuker keju dgn gouda, ada baiknya pakai gouda yg setengah tua. Selamat mencoba, semoga sukses.

Umi Dian mengatakan...

Hallo mbak Ida...salam kenal ya..

Saya sudah browsing cari resep Kastangels dan saya tertarik dengan resepnya mbak Ida. Resepnya saya coba ya :)
oh ya, dengan resep ini hasilnya bisa jadi berapa banyak yah? Terima kasih ^_^

~ Ida's Kitchen ~ mengatakan...

Hallo Umi Dian,
silahkan dicoba mbak, mudah²an cocok rasanya. Sayangnya saya tdk pernah menimbang kuker yg sdh matang krn ini hanya utk dikonsumsi sendiri.